Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Yuk Intip Penyebab Bayi Lambat Tengkurap Dan Cara Melatihnya Sebagai Berikut

Tak hanya pertumbuhan, perkembangan yang dialami oleh setiap bayi juga berbeda. Meski demikian, kondisi bayi yang cenderung lambat berkembang seperti lambat tengkurap sering membuat sebagian besar orang tua khawatir. Tak ayal jika penyebab hingga solusi terbaik seringkali diusahakan agar si kecil dapat berkembang sebagaimana mestinya. Yuk intip ulasannya disini.

Penyebab Si Kecil Lambat Tengkurap

Penyebab utama si kecil belum bisa tengkurap layaknya bayi seumurannya adalah kondisi kelahiran prematur. Pasalnya, perkembangan keterampilan gerak yang cenderung lama ini disebabkan oleh usia sebenarnya mulai dari pembentukan bayi itu sendiri. Tak ayal jika si kecil dalam kondisi ini tidak sama dibandingkan dengan bayi normal.

Meski demikian, masalah kelainan pada bayi juga dapat menjadi penyebab bayi lambat tengkurap. Misalnya saja masalah miopati, cerebral palsy, kelainan pada indra penglihatan, spina bifida hingga gagal tumbuh. Kelainan ini umumnya disebabkan oleh faktor genetik sejak lahir. Untuk itu, anda tak perlu khawatir jika si kecil masih aktif meskipun belum bisa tengkurap.

Cara Melatih Bayi Agar Cepat Tengkurap

Meski tidak bisa dipaksakan, anda bisa melatih si kecil yang cenderung lambat tengkurap secara perlahan. Beberapa cara jitu yang bisa anda lakukan dapat terdiri dari menengkurapkan bayi dalam beberapa menit, membantu si kecil berguling pun melatihnya menggunakan mainan. Tentu saja, cara ini sebaiknya dilakukan secara perlahan tanpa paksaan yang berlebihan.

Bukan berarti anak yang lebih lambat tengkurap memiliki kekurangan dibandingkan dengan bayi seumurannya. Hal ini karena setiap anak pasti memiliki kelebihan pun kekurangan. Namun, anda bisa melakukan beberapa langkah ringan sebagaimana yang dijelaskan di atas untuk membantu bayi agar cepat tengkurap.