Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Stasiun Tugu

Waraga Yogyakarta atau yang pernah ke stasiun Yogyakarta pasti sudah tahu nama stasiun ini yang sebenarnya. Ialah stasiun Tugu yang biasa dipakai untuk menyebutkan nama Yogyakarta. Tentang Stasiun Tugu, ada apa aja sih di dalamnya?

Stasiun Tugu

Kenalan dengan Stasiun Tugu

Stasiun Tugu merupakan salah satu stasiun utama yang berada di wilayah Yogyakarta. Stasiun yang satu ini lokasinya berada di sebelah barat stasiun Lempuyangan. Bahkan sampai sekarang pun masih menjabat sebagai stasiun utamanya kota Yogyakarta.

Stasiun Tugu sendiri kalau melihat dari segi bangunannya saja sudah bisa dipastikan kalau ini adalah bangunan lama. Bisa dipastikan sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda sebab bangunannya yang sangat khas di zaman itu.

Stasiun Tugu juga dibuat berdasarkan kebutuhan transportasi para militer zaman Belanda. Sebab awalnya hanya ada di stasiun dengan jalur rel Semarang-Temanggung, pada akhirnya idbuatlah stasiun Tugu yang juga bisa dikendarai menuju ke Yogyakarta.

Stasiun Tugu menjadi salah satu lokasi pemberhentian dan keberangkatan kereta yang tetap sama sejak zaman Belanda. Namun, kalau melihat di zaman Belanda gfungsinya dahulu memang lebih diutamakan untuk mengangkut barang.

Akan tetapi, memiliki perbedaan fungsi pada masa Indonesia mulai menitih kemerdekaan. Pada masa Indonesia mulai menitih kemerdekaan stasiun ini lebih berfungsi untuk mengangkut para pejuang Kemerdekaan Indonesia. Selain itu, stasiun ini menjadi saksi bisu pemindahan ibu kota.