Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Pilihan Screen Recorder PC Terbaik untuk Windows dan macOS

Screen recorder PC menjadi salah satu tool khusus yang belakangan banyak dicari oleh masyarakat. Pasalnya software ini tidak hanya bisa digunakan untuk menangkap tampilan statis pada layar saja, namun juga bisa merekam keseluruhan aktivitas layar dalam bentuk video. Berikut rekomendasi perekam layar terbaik yang bisa anda gunakan pada Windows maupun macOS.

Software Perekam Layar untuk Windows dan macOS

  1. Screencast-O-Matic

Screencast-O-Matic mendukung penggunaan pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac, dan juga iOS. Perekam layar PC online ini juga bisa digunakan sebagai video editor, sehingga anda dapat menggunakannya untuk editing rekaman video yang dihasilkan sekaligus editing audio komputen dan mensinkronkannya.

Aplikasi perekam layar ini mendukung mode perekaman layar, webcam, maupun keduanya yang bisa digunakan dengan mudah. Sayangnya, anda hanya bisa merekam layar pada resolusi 640×480, 800×600, dan lainnya yang bukan HD. Namun tersedianya paket gratis tentu membuat Screencast-O-Matic layak dipertimbangkan. Jika ingin versi premium, anda perlu membayar sekitar USD 1,50 per bulan.

  1. Screencastify

Pixel.web.id menyampaikan bahwa Screencastify juga bisa anda gunakan untuk merekam layar di Windows maupun Mac. Software ini bahkan dapat dimanfaatkan pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Linux. Aplikasi perekam layar yang bekerja via Google Chrome ini cocok digunakan untuk pemula hingga profesional, karena fiturnya cukup lengkap dengan operasional yang mudah.

Beberapa opsi penting dalam sebuah screen recorder bisa anda temukan di Screencastify. Dimana anda bisa merekam seluruh layar atau sub tab saja, merekam webcam, dan merekam suara mikrofon secara langsung. Selain itu, tentu ada banyak fitur menarik lainnya yang dapat anda temukan pada software satu ini dan semua fitur tersebut tersedia secara gratis.

  1. OBS Studio

OBS Studio merupakan salah satu screen recorder PC yang paling populer. Anda bisa memanfaatkannya untuk merekam layar pada perangkat dengan sistem operasi Mac, Windows, maupun Linux. Di kalangan YouTuber, streamer, content creator, hingga para pengajar, OBS Studio ini kerap menjadi pilihan.

Pasalnya, software tersebut tidak hanya berguna untuk merekam tampilan layar saja. Tap ada juga fungsi lainnya yang begitu menarik seperti pengaturan audio mixer hingga kostumisasi lainnya. Terlebih kualitas video yang dihasilkan juga berupa HD untuk format FLV dan MP4. Sayangnya, UI OBS Studio kurang user friendly sehingga lebih cocok untuk para profesional.

  1. Flashback Express

Aplikasi perekam layar Flashback, tersedia dua versi untuk para pengguna. Untuk versi berbayarnya anda bisa menggunakan Flashback Pro, dan Flashback Express ini merupakan versi gratisnya. Meskipun gratis, anda tidak perlu khawatir saat menggunakan software satu ini untuk merekam tampilan pada layar.

Sebab hasil rekaman anda tetap tidak akan ada watermark. Selain itu, Flashback Express bisa anda manfaatkan untuk merekam layar penuh maupun area tertentu. Anda juga bisa merekam window terpilih atau bahkan menggunakan webcam. Menariknya lagi, anda bisa langsung menyimpan hasil videonya maupun membagikannya ke YouTube.

  1. Apowersoft

Sama seperti Flashback, Apowersoft memungkinkan anda untuk merekam tampilan layar tanpa adanya watermark. Di samping itu, kelebihan lain dari aplikasi satu ini adalah tidak adanya batasan waktu dalam merekam. Bahkan anda bisa menyimpan hasil rekamannya dalam bentuk video atau GIF. Menarik bukan ?

Berbagai aplikasi seperti di atas bisa membantu anda merekam tampilan layar untuk berbagai keperluan. Ada yang tersedia langsung secara gratis dan ada pula yang tersedia dalam dua versi. Anda bisa memilih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan, tentunya versi berbayar tetap akan memberikan lebih banyak pilihan fitur untuk pengguna.