Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Karakteristik Motif Batik Madura dan Jenisnya

Motif batik Madura ini banyak disukai orang, karena indah dan unik. Oleh karena itulah banyak yang mengenakannya untuk menghadiri kondangan maupun pesta.

Walaupun batik Madura ini belum seterkenal batik Pekalongan, namun tak ada salahnya untuk mempelajarinya. Inilah beberapa motif batik Madura yang makin dikenal orang akan keindahannya dan sangat indah ketika dijadikan sebagai motif baju batik Wanita Modern.

 

Karakteristik Motif Batik Madura

Setiap batik yang ada di nusantara memiliki ciri khasnya masing-masing, sama halnya dengan batik Madura. Adapun ciri khas batik Madura ini dibedakan berdasarkan 4 karakteristik :

1.     Menggunakan warna yang cerah dan tegas

Batik Madura ini memiliki ciri khas yang paling kentara yaitu pada warnanya yang tajam dan cerah. Untuk dominasi warnanya diantaranya yaitu warna merah, kuning, hijau dan biru.

Untuk perwarnaannya memakai bahan alami. Sehingga batik juga tak cepat luntur dan aman dipakai. Pewarnaan alami ini sebenarnya sudah ada sejak jaman nenek moyang dan bisa dilihat dari beberapa naskah Jawa kuno.

Untuk pewarnaan alami ini digunakan bahan yang berupa kulit kayu, kayu , akar, kulit akar, biji dan bunga tumbuhan tertentu.

Jenis tanaman yang bisa digunakan untuk mewarnai batik Madura yaitu :

  1. Untuk membuat warna merah maka dibuat dengan menggunakan akar tanaman mengkudu dan kayu jati
  2. Untuk membuat warna biru bisa memanfaatkan daun tanaman tarum
  3. Untuk warna hijau bisa dibuat dengan menggunakan daun tanaman mangga, Daun tawas serta kulit buah mundu
  4. Untuk warna kuning bisa dibuat dengan kayu tanaman tegeran.

Agar warna batik Madura ini makin cerah dan tajam maka dilakukan perendaman kain yang cukup lama.

Selain dipesisir Madura ini terdapat pembuat batik yang menggunakan warna gelap, seperti hitam dan coklat layaknya batik yang ada di Jawa. Akan tetapi batik dengan warna yang cerah ini lebih mendominasi dibandingkan dengan batik warna lebih gelap

2.     Motif Terinspirasi dari tumbuhan dan binatang

Motif batik Madura ini merupakan penggambaran yang berasal dari kehidupan masyarakat Madura yang dekat dengan alam. Sehingga batik ini memunculkan corak tumbuhan dan binatang.

Kamu juga pasti seringkali menjumpai batik Madura ini dengan motif dari berbagai macam tumbuhan, binatang, bebatuan alam. Selain itu motifnya juga bisa kombinasi dari ketiganya.

3.     Mampu bertahan hingga puluhan tahun

Jika kamu berminat untuk membeli batik Madura ini maka tak perlu khawatir terutama mengenai warna dan kainnya. Karena sudah pasti awet dan dijamin langgeng.

Bahkan batik ini makin sering kamu kenakan maka batik Madura ini akan terlihat jadi lebih cerah. Tidak mengalami warna yang memudar.

Awetnya batik Madura ini dikarenakan penggunaan kain unggulan serta menggunakan bahan pewarna alami. Pembuatan batik ini juga dilakukan dengan teliti dan hati-hati.

Jenis-Jenis Batik Madura

Untuk jenis-jeis batik Madura ini antara lain :

  1. Motif Poncoworno

Ciri khasnya yaitu dari penggunaan kombinsi warna dengan banyak motif yang sederhana

  1. Motif Lancor

Ciri khasnya yaitu memiliki warna yang lebih sedikit sera didominasi warna biru dan merah, kemudian untuk motifnya lebih susah dan rumit.

  1. Motif Mata Keteran

Karakteristik dari motif ini yaitu mata burung yang digunakan sebagai motif utama batik. Seringkali menggunakan kombinasi warna kuning dan hijau.

  1. Motif Serat Batu

Motif ini menonjolkan garis bebas yang merupakan cerminan dari serat-serat yang ada di permukaan batuan alam.

  1. Motif Serat Kayu

Motif ini terlihat dari adanya garis-garis bengkok yang menyerupai serat yang muncul di permukaan kayu.