Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Menyusuri Sungai Barito Beserta Manfaatnya Bagi Masyarakat Kalimantan

Kalimantan merupakan salah satu pulau yang memiliki banyak sungai mengalir sebagai salah satu sumber daya alamnya. Contoh seperti di Kalimantan Selatan, yang identik dengan sungai besar nan panjang bernama Sungai Barito. Karena terkenal sangat luas, maka bengawan ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk berbagai hal seperti berikut.

Manfaat Kali Barito Bagi Warga Sekitar

  1. Pasar Apung

Sangat unik bukan dengan melihat pasar yang terapung di atas sungai? Ya benar bahwa sungai ini memang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk kegiatan jual beli. Biasanya aktivitas tersebut dilakukan di atas perahu kecil yang biasa dipakai kaum adam untuk mencari ikan. Adanya pasar apung ini selain sebagai pusat ekonomi juga mampu menyedot wisatawan untuk berwisata.

  1. Sarana Transportasi

Karena Kalimantan banyak dialiri berbagai sungai besar, maka jangan kaget jika perjalanan anda kesana harus diakses dengan perahu. Biasanya setiap pagi transportasi air tradisional atau disebut dengan klotok akan hilir mudik di bengawan ini, untuk membantu akses akomodasi kegiatan masyarakat sekitar.

  1. Irigasi dan Pengairan

Kegiatan irigasi menjadi kebutuhan vital bagi masyarakat sekitar, karena penduduk kalimantan masih banyak yang melakukan kegiatan cocok tanam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga dalam kegiatan tersebut membutuhkan aliran air Kali Barito untuk keberlangsungan hidupnya.

Itu tadi penjelasan mengenai gambaran serta manfaat dari bengawan Barito. Walaupun pada zaman sekarang sudah banyak dijumpai transportasi yang canggih, akan tetapi sebagian masyarakat masih lebih tertarik menggunakan klotok untuk sarana transportasi. Selain itu sungai juga sangat berperan penting dari keberlangsungan masyarakat sebagai ajang jual beli serta irigasi lahan cocok tanam.