Trending JeparaWindowsMasker WajahKeselamatan KerjaAplikasiMebel UkirPenulisanJenazahPromo JCO TebaruBetonBatikMotor

Menguak Misteris Di Balik Gunung Tidar

Bagi yang tinggal di area Magelang, pasti sudah tidak asing lagi dengan gunung Tidar, bukan? Gunung Tidar adalah sebuah sebuah gunung yang berada di bagian selatan kota Magelang. Tingginya mencapai 503 mdpl. Gunung ini mempunyai berbagai macam cerita legenda misteri yang sangat kuat.

Ada dua jenis legenda yang ada dibalik gunung Tidar. Legenda pertama adalah menceritakan mengenai paku bumi tanah jawa. Pada legenda ini, masyarakat tanah jawa menyakini bahwa Gunung Tidar  merupakan paku bumi di tanah Jawa. Maksudnya adalah gunung ini dipercaya sebagai pusat bumi di tanah jawa. Konon jaman dulu pulau jawa mempunyai bentuk seperti perahu yang selalu terombang-ambing gelombang dan bisa sewaktu-waktu akan terbawa arus.

Paku bumi kemudian berubah menjadi sebuah gunung yang bernama Gunung Tidar yang ditancapkan oleh dewa. Sejak itulah, pulau Jawa bangau dihuni oleh bangsa jin dan sebagian besar masyarakatnya mempunyai ilmu Kanuragan.

Gunung Tidar diambil dari bahasa jawa Modar yang berarti tidak akan mati. Katanya, gunung Tidar ini menjadi sebuah pusat kerajaan gaib yang ada di seluruh pulau Jawa. Pada saat itu, para ulama islam gagal menyebarkan ajaran islam kepada masyarakat karena saking kuatnya kepercayaan masyarakat terhadap hal-hal mistis tersebut. Sampai akhirnya datang seorang yang sakti dari Persia bernama Syekh Maulana Subakir. Beliau ingin membuat tanah Jawa tersingkir dari segala macam yang berbau kemusrikkan dan juga sekalius menyebarkan agama islam.  Ini dimenangkan oleh Syekh Maulana Subakir.