Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Mengintip Asal Usul Kota Indramayu Secara Singkat

Siapa saja pasti sudah tak asing lagi bukan dengan kota Indramayu yang berada tak jauh dari pusat pemerintahan? Hanya berjarak sekitar 200 kilometeran dari Ibukota, kita ini memiliki pesona alam begitu menawan. Selain keindahannya, ternyata kota ini memiliki cerita panjang dari sejarahnya. Penasaran dengan asal usul Kota Indramayu? Simak ulasan lengkapnya di sini!

Fakta Mengenai Asal Usul Kota Indramayu

  1. Memiliki Sejarah yang Panjang

Nama kota yang satu ini disematkan karena beberapa alasan. Menurut cerita Babad Dermayu, Kota Indramayu ini berkaitan erat dengan Raden Arya Wiralodra. Bahkan nama dari kita yang satu ini diambil dari nama Raden Arya Lodra yang bernama Darma Ayu. Dalam hal ini akhirnya, Indramayu dijadikan lokasi sebagai strategi Islamisasi pada tahun 1511 Masehi.

  1. Menjadi Pusat Pendidikan Berbasis Pesantren

Hal lainnya yang cukup menarik dari sejarah kota Indramayu ini yaitu aset yang membanggakan. Pasalnya, Indramayu ini memiliki pusat pendidikan berbasis pesantren yang disebut sebut paling terbesar di Asia Tenggara. Prestasi ini  juga tak lepas dari sejarah di masa lampau ketika Indramayu menjadi pusat Islamisasi dan pertahananan dari penjajahan.

Secara keseluruhan, Kota Indramayu ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Mulai dari zaman penjajahan sampai dengan proses islamisasi yang terjadi di daerah tersebut. Tak hanya itu saja, langkah tersebut dilakukan untuk memperjuangkan bertahan dari serangan penjajahan. Kini, Indramayu dikenal sebagai pusat kota bersejarah dengan pusat pendidikan berbasis pesantren.