Trending JeparaWindowsMasker WajahKeselamatan KerjaAplikasiMebel UkirPenulisanJenazahPromo JCO TebaruBetonBatikMotor

Mengenal 3 Jenis Makanan Khas Bangka yang Enak

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan khas yang hanya bisa ditemukan di daerah tersebut, tidak terkecuali dengan Bangka Belitung. Selain memiliki pemandangan yang eksotis, provinsi ini juga memiliki banyak makanan khas yang patut dicoba. Apa saja itu? Yuk cari tahu di sini!

Mengenal 3 Makanan Khas dari Bangka

  1. Sup Gangan

Makanan yang satu ini merupakan hasil olahan dari laut dengan menggunakan ikan tenggiri yang masih segar. Sup gangan ini bisa menjadi makanan wajib yang patut untuk dicoba oleh pecinta makanan laut, terutama ikan-ikanan. Ikan tenggiri tersebut akan dimasak bersama campuran rempah, seperti kunyit, lengkuas, dan bumbu lainnya.

  1. Lempah Kuning

Makanan khas Bangka selanjutnya yang wajib untuk anda coba adalah lempah kuning. Makanan ini juga termasuk hasil olahan laut yang menggunakan ikan kakap merah atau ikan tenggiri. Umumnya, bagian ikan yang sering dihidangkan untuk makanan ini adalah bagian kepalanya. Tertarik mencoba?

  1. Belacan Belitung

Masih dengan hasil laut, makanan khas selanjutnya yang bisa anda nikmati atau anda bawa pulang sebagai oleh-oleh adalah belacan Belitung. Makanan ini terbuat dari fermentasi hasil lain dengan cita rasa yang unik dan aroma yang khas. Banyak orang yang membawanya pulang sebagai buah tangan.

Selain ketiga makanan di atas, masih banyak sekali makanan khas dari Bangka Belitung yang bisa anda coba. Contohnya adalah mie Belitung, mie ayam Bangka, berego, dan masih banyak lagi lainnya. Masing-masing makanan memiliki rasa yang berbeda dan ciri khas tersendiri.