Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Mudah dan Cepat Berbunga, 5 Langkah Menanam Bunga Dahlia di Dalam Pot

Jenis tanaman bunga yang satu ini bukan termasuk jenis flora asli Indonesia. Tanaman ini ternyata berasal dari Negara Meksiko. Banyak juga jenis dan varietas dari bunga tersebut, dan meiliki ciri khas warna-warna yang cerah. Lalu apakah bisa tanaman tersebut dibudidaya di dataran Indonesia? Simak berikut 5 langkah mudah menanam bibit bunga dahlia dalam pot agar cepat berbunga.

Cara Mudah Menanam Bibit Dahlia dalam Pot

  1. Persiapan Bibit Bunga

Cara membudidayakan bunga yang satu ini tergolong cukup mudah, apalagi kondisi tanah dan iklim cuaca di Indonesia juga sangat cocok untuk bunga tersebut. Terdapat dua cara dalam proses pembudidayaannya yaitu dengan cara vegetatif dan generatif. Memakai metode generatif yaitu bisa memilih biji benih yang sehat dari induknya dan Anda bisa berinovasi dalam menentukan warnanya.

Sedangkan jika Anda menggunakan metode pembibitan atau budidaya secara vegetatif, maka Anda bisa melakukan dengan sistem stek batang. Namun ilihan warnanya akan tetap sama dengan bibit yang diambil. Jika tahap mencari dan memepersiapkan bibit telah selesai, maka Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu pemilihan media tanam.

  1. Pemilihan Media Tanam

Kegiatan yang satu ini sangat penting sekali dalam membantu perkembangan dan pertumbuhan pada tanaman. Seperti pada umumnya, media tanam yang digunakan untuk menanam bunga dahlia yaitu dengan menggunakan campuran dari pupuk kandang atau kompos, arang sekam, dan media tanah yang subur. Anda bisa menakar dengan cara perbandingan 1 : 1 : 1.

  1. Proses Penyemaian Bibit

Proses penyemaian umbi bisa Anda lakukan secara langsung dengan media pot. Pastikan menggunakan media bedeng menyesuaikan dengan ukuran lahan, jangan terlalu lebar. Sebelum benih disemai, pastikan jika Anda sudah merendamnya umbinya terlebih dahulu dengan air yang dicampur dengan fungisida dan juga zat penumbuh tanaman. Pastikan tidak merendamnya terlalu lama, cukup 15- 20 menit agar umbi tidak kisut.

  1. Proses Penanaman

Setelah proses penyemaian bibit, Anda bisa langsung melanjutkan proses ke penanaman. Pastikan media pot bunga yang dipakai berukuran kurang lebih 30 cm. Tanam bibit umbi tersebut dan jangan sampai menutupi tunasnya yang telah tumbuh. Media tanamnya juga menggunakan kompos, sekam, dan juga tanah yang subur. Kemudian siram juga menggunakan air secukupnya.

  1. Proses Perawatan Bunga

Hal yang perlu diingat yaitu, jika tanaman bunga dahlia tidak terlalu begitu membutuhkan air yang banyak. Untuk itu, sebaiknya lakukan penyiraman secukupnya agar umbi bunga tidak mengalami kebusukan didalam tanah. Namun jika musim panas, tanman ini juga memerlukan banyak air agar memperoleh tanaman yang lebat. sealain itu juga penempatan bunga yang harus juga terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Selain proses penyiraman juga butuh perawatan khusus lainnya dalam membudidayakan bunga tersebut. Yaitu dengan cara pemangkasan pada ranting bunga untuk menghasilkan bunga yang lebih lebat lagi. Selain itu juga perlu memperhatikan masalah hama yang menyerang seperti siput, ulat dan serangan hama lainnya. Untuk itu penting menyemprotkan cairan fungisida untuk membasmi hama pada tanaman bunga dahlia.

Nah, itulah beberapa cara mudah dalam proses penanaman dan pembudidayaan tanaman dahlia dalam media pot atau lahan yang sempit sebagaimana yang tercantum di gambar bunga. Selain itu, proses penanaman dan perawatannya juga tergolong mudah untuk dilakukan, asalkan telaten dan juga teliti dalam mengecek seluruh perkembangan tanaman. Semoga sedikit tips di atas bisa menambah wawasan dan juga referensi bunga yang bis aditanam dipekarangan rumah Anda.