Trending JeparaWindowsMasker WajahKeselamatan KerjaAplikasiMebel UkirPenulisanJenazahPromo JCO TebaruBetonBatikMotor

Mebel Ukir Jepara yang Mewah untuk Ruang Minimalis

Jepara merupakan salah satu daerah yang dikenal dengan hasil mebelnya. Sasaran pasarnya bukan hanya ranah lokal saja melainkan sampai mancanegara. Hingga saat ini, mebel ukir Jepara diminati oleh ratusan negara.

Masyarakat Indonesia tentu saja sudah mengenal kualitas furniture ukir dari Jepara. Selain dikenal ukirannya yang detail dan rumit, furniture Jepara juga menggunakan bahan baku yang berkualitas.

Keunggulan Mebel Ukir Jepara Dibandingkan yang Lain

Mebel dari Jepara memang dikenal sebagai mebel dengan ukiran yang indah dan memiliki motif yang beragam seperti burung, daun, bunga, naga bahkan relief kota tertentu. Pengerjaannya pun tidak boleh dipandang remeh karena membutuhkan ketelitian dan harus dilakukan dengan hati-hati karena polanya yang cukup rumit.

Apa saja keunggulan mebel ukir Jepara dibandingkan dengan mebel daerah lain? Berikut penjelasannya.

  1. Memiliki Ciri Khas Ukiran

Ketika mendengar kota Jepara, apa yang ada di benak Anda? Sudah pasti adalah furniture, bukan? Jepara memang dikenal sebagai daerah yang aktif memproduksi furniture dan kerajinan tangan.

Furniture yang diproduksi adalah furniture ukir dengan pola yang khas. Pola ukir pada mebel Jepara tersebut sudah pasti cepat dikenali. Oleh karena itu, karena keunikan yang dimiliki membuat pasar mebel dari Jepara mencapai luar negeri.

  1. Penggunaan Bahan Baku Terbaik

Untuk furniture ukir maka dibutuhkan kayu yang tidak terlalu keras namun juga tidak terlalu lunak agar awet. Salah satu kayu yang mampu memenuhi standar tersebut adalah kayu jati. Sedangkan kayu jati yang digunakan pada furniture Jepara adalah kayu jati yang berkualitas.

Yang perlu Anda pahami adalah mebel dari Jepara juga dibedakan menjadi beberapa grade tergantung dari kualitas kayu jati yang digunakan. Semakin bagus kayu jati yang digunakan maka harga jual furniture tersebut semakin tinggi.

  1. Hasil Finishing Mengkilap dan Halus

Furniture Jepara memang dikenal sebagai furniture dengan hasil finishing yang mengkilap. Untuk menciptakan tampilan yang mengkilap furniture maka ada beberapa cat yang digunakan seperti topcoat gloss atau cat melamin.

Dilakukan oleh aplikator profesional maka hasil finishing terlihat halus dan mengkilap optimal. Dalam mengecat memang membutuhkan keahlian dan ketekunan untuk selalu belajar hingga mendapatkan hasil yang sempurna.

  1. Memiliki Banyak Model Furniture

Ketika Anda di Jepara maka Anda akan dengan mudah menemukan berbagai desain furniture seperti desain klasik, modern, minimalis hingga mewah. Ragam desain ini lah yang membuat mebel Jepara memiliki pasar yang luas karena peminatnya yang tinggi.

  1. Furniture Awet

Furniture dari Jepara memang dikenal awet karena penggunaan bahan bakunya yakni kayu jati. Seperti yang diketahui bahwa kayu jati merupakan jenis kayu yang tahan terhadap perubahan cuaca, serangan rayap dan jamur. Oleh karena itu, furniture Jepara dapat bertahan lebih lama.

Agar lebih awet maka jangan lupa untuk selalu merawat furniture tersebut. Dengan demikian, furniture bukan hanya awet melainkan tampilannya pun juga akan terjaga.

Kenali Kekurangan Mebel Ukir Jepara

Meskipun furniture Jepara dikenal karena keunggulannya maka Anda harus mengenali kekurangannya. Sehingga Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal ketika akan membeli furniture Jepara. Berikut kekurangannya:

  1. Berukuran Besar dan Berat

Furniture Jepara umumnya menggunakan full kayu jati sehingga bobot kayu cenderung berat. Oleh karena itu, jika Anda ingin memindahkan furniture harus meminta bantuan orang lain karena bobotnya yang berat dan ukurannya yang besar.

  1. Harga Mahal

Melihat kualitas yang ditawarkan oleh furniture Jepara maka sudah dapat diprediksi bahwa harga jual furniture cenderung mahal. Meskipun demikian, hal ini sebanding dengan kualitas bahan baku yang digunakan, ukiran yang khas, finishing yang halus serta konstruksinya yang rapi.

Bagi yang bingung memilih furniture, Anda dapat berkunjung ke Jepara untuk memilih berbagai furniture yang sesuai keinginan. Sebelum membeli, sebaiknya perhatikan mebel ukir Jepara dengan baik agar mendapatkan furniture yang berkualitas bagus.