Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Masjid Raya Bandung

Masjid Agung Bandung atau yang kini lebih dikenal dengan nama Masjid Raya Bandung merupakan tempat ibadah bagi umat Muslim yang berstatus masjid provinsi.

Masjid yang terletak di Kota Bandung, Jawa Barat ini dibangun pertama kalinya pada tahun 1810 dan telah mengalami perombakan sebanyak 8 kali di abad ke-19, 5 kali di abad ke-20, kemudian direnovasi kembali pada tahun 2001. Setelah direnovasi, masjid ini kemudian diresmikan pada tahun 2003.

Dulunya, Masjid Agung Bandung bercorak Sunda. Namun setelah direnovasi, masjid yang kini disebut Masjid Raya Bandung ini bercorak Arab.

Atap masjid yang semula berbentuk joglo kini berbentuk kubah dengan satu kubah besar di tengah dan dua kubah kecil di kiri dan kanan. Ada juga menara kembar setinggi 81 meter di tepi bangunan. Pada akhir pekan, menara ini dibuka untuk umum, termasuk bagi siapa saja yang ingin menikmati keindahan Kota Bandung dari ketinggian.

Masjid yang dibangun di atas lahan seluas 23.448 m2 ini luasnya 8.575 m2. Kapasitas jemaah yang dapat ditampung sekitar 13 ribu orang.

Masjid ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Pasalnya, masjid yang usianya sudah lebih dari 2 abad ini telah melalui banyak hal. Oleh karena itulah saat Anda berkunjung ke Kota Bandung, sangat disarankan untuk mengunjungi masjid yang satu ini.