Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Manfaat Menggundul Rambut Bayi, Bikin Lebih Lebat?

Apa sih manfaat menggundul rambut bayi? Katanya, hal itu dapat membuat rambut bayi tumbuh lebih cepat dan lebat. Apakah itu benar?

Mencukur gundul rambut bayi merupakan salah satu tradisi di Indonesia. Banyak orang tua melakukannya hanya untuk sekedar mengikuti tradisi. Tanpa mereka mau tahu apa manfaat sebenarnya.

Menurut mitos yang dipercaya, menggundul rambut bayi dapat mempercepat rambut tumbuh. Juga membuat bayi memiliki rambut yang lebat dan sehat. Padahal nyatanya, hal tersebut tidak berpengaruh sama sekali.

Walau begitu, bukan berarti manfaat menggundul rambut bayi tidak ada. Secara medis, pencukuran seluruh rambut bayi ini punya beberapa manfaat, yaitu:

  1. Membersihkan Lemak

Ketika melewati jalan lahir, lemak dan zat sisa dari rahim ibu bisa jadi terbawa di rambut bayi. Dengan menggundulinya, kotoran tersebut tentu jadi lebih mudah dibersihkan. Beserta juga gumoh atau kotoran lainnya yang menempel.

  1. Memberi Efek ‘Mendinginkan’

Kepala plontos cenderung membuat bayi merasa lebih dingin atau adem. Apalagi bagi bayi yang tinggal di daerah panas. Sapuan angin yang langsung mengenai pori-porinya akan bantu mengatasi rasa gerah.

  1. Agar Tidak Mudah Teriritasi

Karena kepala bayi yang gundul, itu tentu akan memudahkan untuk mengamati kalau-kalau ada masalah. Contohnya seperti luka, iritasi, bisul dan sebagainya. Langkah pengobatan untuknya pun dapat lebih mudah diberikan.

Jadi jelas ya, menggundul rambut bayi tidak ada kaitannya dengan kelebatan rambut. Melainkan bermanfaat untuk kebersihan dan kesehatan bayi kedepannya.