Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Manfaat Kulit Buah Naga

Tidak hanya daging buahnya saja, namun kulit buah naga juga memiliki berbagai manfaat bagitubuh. Kulit buah ini dinilai sangat bergizi dan bisa meningkatkan suasana hatimu. Sebuah penelitian menunjukkan jika kulit buah ini kaya dengan serat, vitamin, betacyanin, pektin, dan kaya antioksidan. Di bawah ini adalah manfaaat kulit buah naga yang jarang orang ketahui.

Kulit buah naga memiliki kandangan zat pewarna alami yang disebut betasianin dan mempunyai mineral cukup kuat. Lalu, zat pewarna ini dapat dipakai menjadi pewarna alami di masakan dan lebih sehat ketimbang memakai pewarna buatan.

Beberapa Manfaat Kulit Buah Naga

  • Sumber Serat

Kulit buah naga ini kaya dengan serat. Serat dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Kemudian, serat juga bisa membantu proses pencernaan makanan berjalan lebih baik. Serat dapat menurunkan kadar kolesterol, menjaga kandungan gula darah, serta mengurangi resiko kematian karena kanker dan penyakit jantung.

 

  • Kaya Antioksidan

Kulit buah naga memiliki kandungan antosianin dengan jumlah besar. Antosianin adalah senyawa agen anti-oksidan yang mampu melindungi tubuhmu dari paparan radikal bebas dan akan memicu terjadinya beberapa penyakit kronis.

 

Beberapa penelitian menemukan banyak manfaat dari antosianin. Zat ini dipercaya mampu mengurangi resiko diabetes dengan cara mengontrol kandungan gula darah.

 

  • Menutrisi Kulit

Beberapa peneliti mengklai jika kulit buah naga kaya dengan nutrisi yang sangat berguna untuk kulitmu. Kulit buah ini dapat kamu jadikan bahan untuk masker wajah.

 

Masker yang terbuat oleh kulit buah naga disebut mempunyai khasiat memperbaiki tekstur kulit, memperlancar peredaran darah di jaringan kulit, membuat kulit menjadi lebih halus, dan mencegah penuaan.

 

  • Sebagai Minuman Teh

Peneliti asal China menemukan cara memanfaatkan buah kulit naga, yakni dengan menjadikannya sebagai minuman teh. Metode membuat teh memakai kombinasi kulit buah ini lalu ditambah dengan teh manis liat ‘Guangxi’ yang mempunyai kadar gizi cukup tinggi.

 

  • Makanan Penutup Sehat dan Enak

Kamu dapat menjadikan kulit buah naga ini sebagai hidangan penutup ataupun pendamping. Kamu dapat membuat selai kulit buah naga. Buah naga banyak mengandung pektin.

 

Nah, pektin adalah senyawa yang ditemukan alami pada buah-buahan. Pektin ini bisa mengental kalau dipanaskan dengan gula hingga membentuk selai.