Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Manfaat Dari Rumput Gandum

Rumput gandum merupakan jenis rumput muda, tebal, berwarna hijau cerah dari tanaman gandum. Rumput gandum atau yang dikenal dengan wheatgrass ini merupakan salah satu jenis rumput yang sedang naik daun. Hal ini dikarenakan manfaat dari tanaman ini yang digunakan sebbagai diet sehat. Rumput jenis ini dapat diolah dalam bentuk jus, maupun dikemas dalam bentuk kapsul maupun ekstrak.

Namun tahukah Anda bahwa rumput gandum ini tidak hanya bermanfaat sebagai obat diet sehat saja loh. Tanaman ini juga menawarkan berbagai manfaat yang baik untuk Anda. Salah satunya yaitu dapat mengontrol diabetes. Wheatgrass memiliki senyawa yang efeknya mirip dengan insulin yang mana  dapat menurunkan indeks glikemim makanan yang memiliki efek positif pada kadar gula.

Rumput gandum ini juga memiliki sifat anti peradangan yang juga berperan dalam diabetes. Tidak hanya itu saja, tanaman ini jyga dapat memperlambat pertumbuhan beberapa jenis kanker. Rumput jenis ini mengandung enzim yang memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif pada DNA. Selain itu tanaman ini juga dapat membantu mencegah leukemia.

Hal ini dikarenakan, rumput ini memiliki senyawa flavonoid dan polifenon yang ada di dalam kandungan metanol. Rumput gandum adalah sumber vitamin A,C dan E. Tanaman ini juga kaya akan antioksidan klorofil yang dapat membantu mengurangi kerusakan akibat karsinogen. Maka dari itu tak heran jika tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.