Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Manfaat Buah Matoa

Tahukah Anda apa itu buah matoa? Mungkin sebagian dari Anda masih merasa asing dengan buah matoa.Buah yang banyak ditemukan di Papua barat ini memiliki banyak manfaat.Bahkan, di Papua sendiri, masyarakat disana menjadikan buah matoa sebagai obat tradisional. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui apa itu buah matoa serta manfaatnya, Anda dapat menyimak ulasannya berikut ini.

Buah matoa yang memiliki nama ilmiah Pometia Pinnata ini masih beradal dalam satu keluarga dengan leci dan kelengkeng. Buah ini memiliki rasa yang manis seperti durian, serta tekstur yang kenyal seperti rambutan. Buah ini juga memilki aroma yang sangat harum.Buah matoa ini memiliki banyak manfaat, baik itu pada kulit, biji, dan daging dari buah matoa.

Salah satu manfaat buah matoa ini yaitu dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Senyawa fenolik yang terkadung dalam ekstrak buah matoa ini mampu menurunkan penyerapan gula darah di usus.Sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda para penderita diabetes.Selain itu, buah matoa juga baik dalam menjaga kesehatan jantung Anda.

Manfaat tersebut dating dari kandungan antioksia polifenok yang ada di dalam buah matoa. Selain untuk menjaga kesehatan jantung, kandungan tersebut juga berfungsi untuk mengurangi peradangan, dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Berkat kumpulan senyawa bioaktifnya, buah matoa juga berpotensi untuk mencegah penyakit kanker.