Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Bagaimana Cara Membuat Makalah Tentang Kepemimpinan? Yuk Cari Tahu Disini

Sebelum anda mulai membuat makalah, tentu saja ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Mulai dari struktur, referensi hingga berbagai macam hal lain yang berkaitan tentang proses pembuatan makalah tentang kepemimpinan. Meskipun telah banyak contoh makalah yang beredar di dunia maya, namun anda perlu tahu bagaimana cara membuatnya yang tepat dan sesuai.

Langkah Langkah yang Harus Anda Lakukan Dalam Penyusunan Makalah

  1. Memahami Tentang Kerangka Masalah Di Dalam Makalah

Ketika anda ingin menuliskan sebuah makalah atau karya tulis, tentunya memang memiliki beberapa syarat tersendiri. Adapun dikutip dari BSN atau Badan Standardisasi Nasional, dikatakan jika makalah merupakan salah satu karya hasil pemikiran sendiri. Selain itu, juga belum pernah dipublikasikan dimana pun.

Kemudian, dalam penulisan makalah sendiri sebaiknya juga mengandung unsur kekinian atau up to date dan bersifat ilmiah. Selain itu, di dalam penulisan makalah sendiri juga terdapat standarisasi yang akan membuat kerangka masalah tersebut menjadi valid dan juga benar.

Adapun beberapa susunan makalah yang wajib untuk anda penuhi adalah terdiri dari cover, kata pengantar, pendahuluan, latar belakang, rumusan masalah dan tujuan. Sedangkan untuk bab II yakni pembahasan dan juga ada Bab III yakni penutup. Dimana pada penutup terdiri dari saran dan kesimpulan. Tak lupa pula lampiran daftar pustaka dan lampiran di dalam makalah anda.

  1. Memeriksa Kelengkapan Hasil Dari Tulisan Anda

Di dalam membuat makalah tentang kepemimpinan, penulis pun juga disarankan untuk memeriksa isi dari makalah tersebut. Untuk memeriksanya, ada beberapa hal yang perlu untuk anda perhatikan. Mulai dari ejaan, penggunaan kata dan juga kalimat hingga tanda baca yang sesuai dengan PUEBI.

Tidak hanya itu saja, anda juga perlu untuk mengecek apakah data data yang dimasukkan telah benar dan sesuai serta tidak ada kekurangan. Bahkan anda juga perlu mengecek apakah ada tulisan yang masih salah ketik atau typo dan juga apakah format penulisannya telah sesuai dengan pedoman. Anda juga perlu untuk memperhatikan struktur dari penulisan makalah tersebut.

  1. Menentukan Rumusan Masalah Dengan Tepat

Hal berikutnya yang perlu anda lakukan ketika ingin membuat makalah yang tepat dan sesuai adalah dengan menentukan rumusan masalah. Di dalam penelitian, memang kerap kali ditemukan adanya rumusan masalah. Bisa dikatakan jika bagian ini merupakan yang paling menantang di dalam penelitian.

Perlu anda tahu, di dalam makalah terkait dengan kepemimpinan ini, jika memiliki rumusan masalah yang tidak jelas, tentu saja hal ini akan membuat isi dari penelitian tersebut akan memiliki hasil yang tidak jelas. Oleh karena itu, penting mengetahui cara membuat rumusan masalah yang tepat.

Adapun contoh pembuatan rumusan masalah yang tepat dan efektif adalah pertanyaan penelitian memang harus menarik anda aktual. Bahkan bisa diterapkan dalam pendekatan yang berbeda. Selain itu, pertanyaan juga harus relevan terhadap topik penelitian yang akan anda kaji. Apabila topik yang akan anda buat mengenai kepemimpinan, maka sebisa mungkin anda juga perlu untuk membuat rumusan masalah yang berkaitan dengan topik tersebut.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika ingin membuat makalah yang baik dan benar. Tips tips tersebut bertujuan agar anda lebih mudah untuk menuliskannya. Sehingga ketika anda telah memahami dasar dasar penulisan makalah dengan benar, maka anda pun akan semakin dimudahkan ketika ingin menuliskannya. Baik itu yang memiliki tema kepemimpinan ataupun tema yang lain.