Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

10 Mainan Anak 90an yang Populer Dijamin Bikin Kangen

Siapa yang lahir pada era 90an? Anak yang lahir era 90an adalah anak yang hidup di era transisi. Bahkan pada era ini juga disebut sebagai golden era atau generasi emas. Alasannya sederhana yakni anak era 90an sangat menikmati permainan. Mungkin mainan anak 90an cukup jarang dimainkan oleh anak-anak zaman sekarang.

Anak era 90an lebih banyak bermain di luar rumah dengan berbagai macam permainan yang ada. Bahkan mainan terbuat dari bahan yang terdapat dari alam seperti pelepah pisang, daun singkong, bambu dan masih banyak lagi.

10 Mainan Anak 90an yang Wajib Dicoba

Anak zaman sekarang, dominasi permainan adalah berkaitan dengan teknologi seperti game online, PS atau sejenisnya. Meskipun di era 90an juga mengalami permainan teknologi seperti PS namun permainan tersebut tidak mendominasi.

Seperti apakah mainan anak 90an? Bagi Anda yang lahir di tahun 90an pasti akan merindukan permainan ini:

  1. Kelereng

Permainan kelereng biasanya dimainkan oleh anak laki-laki yang terdiri dari beberapa orang. Media yang dibutuhkan adalah tanah dan kelereng. Dibutuhkan lingkaran untuk meletakkan kelereng-kelereng tersebut, bagi siapa saja yang dapat mengeluarkan kelereng terbanyak dari lingkaran tersebut maka dialah yang menang.

Permainan kelereng ini sangat populer pada zaman itu, bahkan permainan kelereng juga dimainkan saat waktu jam istirahat sekolah.

  1. Tembak-tembakan

Apabila saat ini, tembak-tembakan berupa game online atau permainan tembakan di timezone. Berbeda era 90an yang justru menggunakan bahan dari alam seperti pelepah pisang atau bambu. Pelepah pisang biasanya dibentuk menyerupai pistol yang biasanya digunakan untuk perang. Permainannya mengandalkan suara dari mulut dan membuat reka adegan layaknya perang.

Mainan anak 90an tembak-tembakan dari bambu biasanya terbuat dari bambu muda. Untuk peluru, biasanya menggunakan kertas basah dan kemudian dibentuk menjadi bulat. Masukkan ke dalam lubang bambu kemudian di tembak dengan bagian bambu yang khusus untuk melepaskan kertas tersebut.

  1. Lego

Lego zaman sekarang berbeda dengan lego era 90an. Lego zaman sekarang cenderung sudah modern dan memiliki ragam bentuk dan desain. Bahkan lego saat ini sudah bisa membentuk sebuah tempat seperti restaurant, rumah sakit, gedung dan lain sebagainya. Sedangkan lego anak era 90an cenderung bijian dan untuk membentuk menjadi satu karakter membutuhkan banyak lego.

Biasanya, lego anak 90an yang sering dibuat adalah bentuk pesawat tempur atau gedung. Bentuk tersebut paling umum dibuat oleh anak 90an.

  1. Kertas Barbie Bongkar Pasang

Bagi Anda anak perempuan era 90an pasti sudah tidak asing lagi dengan permainan ini. Mainan anak 90an ini mudah didapatkan dimana-mana seperti di warung atau abang-abang penjual keliling. Satu set kertas bongkar pasang terdiri dari satu atau dua karakter, lalu disertai dengan pakaian dan aksesoris yang bisa dipasang.

Untuk memakai pakaian pada karakter, desain pakaian tersebut menyerupai kerah. Sedangkan bagian karakter yakni pada leher dibelah sisi kanan dan kiri untuk menyematkan pakaian. Dahulu, permainan ini dibarengi dengan membuat rumah-rumahan yang terbuat dari tanah atau benda yang ada di sekitar.

  1. Lompat Tali

Waktu sore hari adalah waktu dimana anak-anak era 90an berkumpul dan bermain. Salah satu mainan anak 90an yang sering dilakukan adalah lompat tali. Media yang digunakan adalah karet yang disambungkan antara yang satu dengan yang lainnya. Dibutuhkan dua orang untuk memegang tali dan beberapa orang bergantian melompat.

Tinggi lompat tali tersebut berbeda-beda mulai dari tinggi semata kaki sampai diatas kepala. Setelah memegang tali karet ini sebaiknya segera cuci tangan atau tangan Anda akan terasa pahit.

  1. Balon Tiup

Adakah yang masih ingat dengan balon tiup? Permainan ini sangat populer di era 90an. Anda cukup menempelkan cairan lengket pada bagian pipa kecil kemudian meniupnya maka akan terbentuk balon menyerupai gelembung.

Tidak puas sampai disitu saja, balon yang sudah ditiup dan dimainkan kemudian ditempelkan ke muka dan menakuti ke teman yang lain. Apakah Anda juga pernah melakukannya?

  1. Ketapel

Mainan anak 90an ini adalah salah satu media perang versi anak-anak bagi anak era 90an. Ketapel terbuat dari ranting kayu yang memiliki bentu “Y” kemudian disambungkan menggunakan karet. Biasanya karet yang digunakan adalah karet yang biasanya digunakan untuk sepeda. Pada bagian ujung ketapel tersebut terbuat dari plastik atau sejenisnya untuk meletakkan batu atau peluru.

Cara memainkannya sangat mudah, letakkan batu atau peluru sejenisnya di bagian plastik alias ujung ketapel. Tarik bagian ujung tersebut ke arah sasaran kemudian lepaskan. Dahulu, ketapel sering digunakan untuk menembak buah diatas pohon.

  1. Yoyo

Ada yang bisa memainkan yoyo? Yoyo zaman dulu terbuat dari kayu da menggunakan kain kenur berwarna putih. Pada awal tahun 2000an, material Yoyo pun berkembang yakni terbuat dari plastik dan bahkan terdapat bagian lampu di dalamnya. Mungkin Anda masih bisa menemukan permainkan yoyo di pasaran.

Jika Anda sudah ahli memainkan yoyo, pasti tidak hanya memainkan dengan melempar dan menarik ke atas saja, bukan? Teknik yoyo dapat melatih ketangkasan anak, jadi Anda bisa mencoba berbagai teknik yoyo.

  1. Bekel

Bola bekel terdiri dari satu bola dan 3 bekel dengan disetiap sisinya terdapat tanda. Permainan bekel ini tidak hanya untuk anak perempuan saja melainkan dahulu anak laku-laki juga sering memainkannya.

Untuk memainkan bekel maka Anda harus berpasangan dengan lawan, siapa yang bisa membolak-balikkan bekel dengan benar maka dialah yang menang.

  1. Kapal-kapalan

Mainan anak 90an yang lain adalah kapal-kapal. Bukan kapal yang berbentuk kapal pesiar yang mewah. Kapal ini terbuat dari kaleng dan menggunakan tenaga dari api. Suara dari kapal ini juga khas ketika Anda sudah menyalakan api tersebut.

Untuk memainkannya, Anda cukup membutuhkan satu air baskom, minyak jelantah (minyak goreng bekas), kapas dan korek api. Letakkan kapas di bagian kapal kemudian nyalakan apinya, kapal akan berjalan dan mengeluarkan suara layaknya kapal pesiar.

Perbedaan Anak 90an dengan Anak Zaman Now

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa anak yang lahir tahun 90an identik mainan anak 90an yang terbuat dari barang sekitar. Selain itu, anak 90an juga banyak menghabiskan bermain di tempat terbuka dibandingkan anak zaman sekarang. Berikut karakter anak 90an yang membedakan dengan anak zaman Now:

  1. Anak era 90an hidup di era transisi teknologi sehingga mainan anak era 90an cenderung alamiah namun juga tidak ketinggalan zaman.
  2. Adanya konflik sosial seperti penggunaan telepon umum atau wartel. Dahulu ketika berkomunikasi, anak 90an menggunakan telepon umum yang harus memasukkan koin untuk bisa melakukan panggilan.
  3. Banyak berinteraksi dengan benda fisik seperti mainan anak 90an yang sudah disebutkan diatas.
  4. Mengalami dua masa sekaligus sehingga membuat anak era 90an lebih memiliki kemampuan kompleks

Mainan anak 90an bisa diterapkan untuk usia anak sekolah untuk mengisi waktu luang. Banyak toko yang jual playground anak seperti mainan anak 90an yang dapat mengisi waktu luang Anda dan anak-anak guna membangun bonding antara anak dan orang tua.