Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Ragam Kuliner Malam Semarang yang Layak Menjadi Pilihan

Semarang adalah ibukota dari provinsi Jawa Tengah yang memiliki destinasi wisata alam dan kebudayaan yang tidak kalah menakjubkan dari Yogyakarta. Selain itu, semarang juga memiliki ragam kuliner yang sangat sayang untuk dilewatkan ketika kalian berada di kota lumpia ini. Kota lumpia merupakan julukan untuk Semarang yang memiliki makanan khas yaitu lumpia. Lumpia semarang memang memiliki cita rasa yang khas. Bagi kota yang memiliki julukan dari nama makanan khasnya, pastinya memiliki makanan lain yang tidak kalah enaknya. Informasi tentang makanan lezat lainnya dapat kalian lihat di studimsam. Semarang masih memiliki ragam makanan lain yang dapat memuaskan hasrat kuliner malam kalian.

Beberapa Makanan Khas Semarang yang Sayang untuk dilewatkan

Makanan khas semarang terdiri dari berbagai olahan makanan berat maupun camilan atau makanan ringan yang unik dengan cita rasa khas. Kalian dapat menemukannya di setiap sudut kota Semarang. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Babat Gongso

Babat gongso merupakan olahan makanan berbahan dasar babat yang ditumis bersama jeroan lain seperti hati, paru, atau limpa. Semua jeroan tersebut lalu dibumbui dengan campuran bumbu kecap dan cabai rawit. Babat gongso pak karmin merupakan salah satu warung babat yang terkenal akan kelezatannya. Letaknya berada di kawasan aloon-aloon Bar, tepatnya di seberang gedung BRI.

  1. Soto Bangkong

Semarang memiliki soto yang terkenal yaitu soto Bangkong. Nama Bangkong diambil dari lokasi pertama soto tersebut muncul. Berada di lokasi jalan Bangkong yang sekarang telah dirubah menjadi jalan Brigjen Katamso. Soto ini memiliki kuah yang berbeda dengan soto lainnya. Kuah pada soto bangkong cenderung coklat dengan isian ayam, bihun, sedikit sayuran dan tomat serta taoge.

  1. Nasi Ayam Bu Sami

Nasi ayam bu Sami berada di daerah Simpang Lima Semarang. Warung nasi ayam bu Sami ini baru buka menjelang tengah malam dan tutup di pagi harinya. Warung ini menyajikan nasi putih yang disantap dengan berbagai pilihan lauk seperti tahu bacem, krecek, telur, sayur labu, ayam goreng, dll.

Makanan Ringan Pendamping Suasana Malam Semarang

Selain pilihan makanan berat, semarang juga menawarkan beragam camilan atau makanan ringan yang dapat kalian santap sambil menikmati suasana malam kota semarang. Ragam sajian kuliner menarik lainnya dapat dilihat di studimsam. Berikut ini merupakan camilan khas semarang yang akan melengkapi kuliner malam kalian, yaitu:

  1. Lumpia Semarang

Bagi kalian pecinta kuliner tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan khas satu ini, bahkan sampai dijadikan sebagai julukan untuk kota semarang yaitu kota lumpia. Lumpia semarang merupakan kuliner khas peranakan cina yang akhirnya menjadi makanan khas semarang. Tidak sedikit masyarakat yang menjual lumpia khas Semarang ini. Tapi yang paling terkenal adalah lumpia semarang yang berada di jalan Padanaran Semarang, jalan Mataram serta Jagalan.

  1. Tahu Petis Prosojo

Salah satu kuliner malam yang bisa menemani kalian menikmati suasana malam Semarang adalah tahu petis Prosojo ini. Tahu petis prosojo ini terletak di pusat kota yaitu di simpang 5 Semarang sehingga sangat mudah di temukan. keunikan dari tahu petis prosojo adalah bumbu petisnya yang langsung dimasukkan sebagai isian pada tahunya. Selain tahu petis, ada beragam jenis gorengan juga yang bisa menjadi alternatif pilihan.

  1. Wedang Tahu

Minuman tradisional ini konon merupakan minuman yang dibawa oleh orang-orang tiongkok pada akhir abad ke-19 dan sekarang menjadi minuman khas dari Semarang. Asalnya minuman ini memiliki cita rasa gurih yang kemudian di sesuaikan dengan lidah orang jawa sehingga sekarang memiliki cita rasa yang manis. Tambahan jahe pada wedang tahu ini juga sangat menghangatkan sehingga cocok untuk menemani suasana malam Semarang.