Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

4 Langkah dalam Memilih Kolagen Pemutih yang Bermanfaat bagi Tubuh

Pada masa modern ini, tren minuman kolagen menjadi popular. Minuman berkolagen merupakan minuman sehat yang bagus untuk menjaga kesehatan serta mencerahkan kulit. Selain itu, ia mampu mempermudah produksi kolagen pada tubuh secara alami yang semakin menyusut seiring usia bertambah. Berikut minuman berkolagen yang bisa kamu jadikan pilihan serta manfaatnya.

Kenali Kolagen Lebih Dalam dengan Fungsinya

Kolagen merupakan protein yang memegang peranan penting dalam pembentukan struktur pada kulit serta memperkuat tulang. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kolagen mampu mengencangkan kulit, mencegah proses penuaan dini, memutihkan kulit, dan mengurangi keriput serta kulit kering.

Dalam tubuh, kolagen akan dipecah menjadi asam amino di saluran pencernaan. Di saluran pencernaan inilah, asam amino yang merupakan hasil pemecahan kolagen dari asupan makanan atau minuman didistribusikan ke bagian tubuh yang sekiranya paling membutuhkan peranannya.

Cara Memilih Minuman Kolagen yang Aman dan Bermanfaat

  1. Jenis Bahan Baku

Memastikan produk BPOM merupakan langkah awal dalam memilih produk. Selanjutnya, jenis bahan baku yang digunakan juga perlu diperhatikan. Hal ini karena jenis bahan baku kolagen mampu mempengaruhi kemampuan penyerapan di dalam tubuh. Ada dua jenis bahan baku yang digunakan, yaitu grass-fed collagen serta marine collagen.

Grass-fed collagen merupakan kolagen yang berasal dari hewan. Pada umumnya, biayanya cukup terjangkau. Sedangkan, marine collagen atau lebih sering dikenal dengan sebutan fih collagen berasal dari ikan. Ukuran molekulnya lebih kecil sehingga lebih mudah diserap tubuh serta dapat memberikan efek yang lebih optimal.

  1. Keamanan bagi Bumil dan Busui

Ada beberapa merek yang menyatakan bahwa produk minuman kolagen pemutih aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui dan ibu hamil. Tetapi, beberapa ahli mengatakan agar ibu hamil serta menyusui berhenti mengkonsumsi obat-obatan yang tidak dibutuhkan, kecuali mineral dan vitamin. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

  1. Berat Molekul

Kolagen dengan rendah berat molekul lebih mudah dipecah menjadi molekul-molekul lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Bagi anda yang menginginkan efek lebih baik, anda bisa memilih produk tripeptide collagen. Kandungan didalamnya memiliki berat yang lebih rendah.

Tidak hanya yang berasal dari ikan, minuman berkolagen yang berasal dari hewan juga ada yang memiliki rendah berat molekul. Anda bisa memastikannya dengan memeriksa atau membaca keterangan bahan secara cermat agar jenis bahan kolagen pada produk diketahui. Anda bisa melakukanya sebelum membeli produk tersebut.

  1. Periksa Kebutuhan Tubuh Kandungan Pendukung Lain

Sebelum membeli minuman berkolagen, perlunya memastikan apa saja manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti mengurangi flek hitam. Setelah itu, pilih produk yang memiliki tambahan kandungan bahan kecantikan sesuai kebutuhan. Usahakan jangan memilih produk yang tidak mengutamakan manfaat yang kamu butuhkan.

Kolagen yang akan dilepas menjadi asam amino didistribusikan ke seluruh tubuh. Setelah itu, asam amino disintesis kembali berupa kolagen dengan bantuan zat besi dan vitamin C. Inilah sebabnya kandungan vitamin C berperan penting dalam mengoptimalkan manfaat dari kolagen. Selain itu, vitamin C mampu menekan pembentukan pigmen melanin yang menyebabkan flek hitam

Beberapa kandungan nutrisi lain pada produk kolagen yaitu vitamin B yang berfungsi merawat kulit, menjaga kelembapan, dan menyehatkan rambut. Ada juga polyphenol, royal jelly, dan ceramide yang mempunyai efek antioksidan. Ada juga biotin yang mampu membantu pertumbuhan kuku dan kulit.

Demikian mengenai cara memilih kolagen pemutih yang sesuai bagi tubuh serta memiliki banyak manfaat. Anda bisa melakukan langkah-langkah di atas sebelum membeli produk minuman kolagen mulai dari memperhatikan bahan baku sampai dengan memeriksa kebutuhan tubuh kandungan.