Trending JeparaWindowsMasker WajahKeselamatan KerjaAplikasiMebel UkirPenulisanJenazahPromo JCO TebaruBetonBatikMotor

Khasiat Qusthul Hindi Menurut Ibnu Qayyim

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, banyak bermunculan berbagai macam pengobatan alternatif yang digadang-gadang ampuh dalam menangkal COVID-19. Kebanyakan pengobatan alternatif ini berasal dari tanaman atau bahan-bahan alami lainnya. Salah satu pengobatan alternatif yang sempat tenar adalah qusthul hindi.

Khasiat Qusthul Hindi Menurut Ibnu Qayyum

Dalam kitab Zaad Al-Ma’ad, Ibnu Qayyim menjelaskan mengenai tanaman yang dikenal dengan nama Saussurea costus. Tanaman ini memiliki dua macam varian yaitu bahry dan Hindi. Untuk varian yang kedua ini, Ibnu Qayyim menjelaskan bahwa tanaman ini lebih kuat dan warnanya lebih putih serta lebih lunak. Selain itu manfaatnya juga cukup banyak.

Menurut Ibnu Qayyim yang merujuk pada jurnal Galenus, khasiat Qusthul hindi ini salah satunya adalah ampuh untuk mengobati radang karena infeksi paru. Pendapat tersebut sekaligus merevisi pendapat para dokter sebelumnya. Karena menurut Ibnu Qayyum, qusthul hindi sudah digunakan untuk meredakan radang paru sejak waktu yang lebih lampau.

Cara Mengonsumsi Qusthul Hindi

Qusthul hindi memiliki varian bentuk yang beragam seperti bubuk dan oil. Namun bentuk yang paling banyak ditemui adalah bubuk. Cara mengonsumsinya adalah dengan menyeduh qusthul hindi dengan air panas. Kalau ingin rasanya sedikit bersahabat di lidah, bisa juga dengan mencampurnya dengan madu atau susu. Tapi ingat, tunggu ampas qusthul hindi turun terlebih dahulu sebelum meminumnya.