Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Khasiat Bawang Merah Yang Tidak Hanya Sebagai Bumbu Pelengkap Setiap Masakan

Di Indonesia terdapat berbagai jenis bawang yang biasanya digunakan sebagai bumbu pelengkap setiap masakan.Salah satunya yaitu bawang merah.Sama seperti saudaranya yaitu bawang putih, bawang merah juga memiliki berbagai khasiat yang menguntungkan untuk tubuh. Lantas apa saja khasiat dari bawang merah yang digadang bersifat baik untuk kesehatan?

Salah satu khasiat bawang merah yang baik bagi tubuh Anda yaitu dapat menjaga kesehatan jantung.Kandungan nutrisi yang ada di dalam bawang merah ini dipercaya mampu mencegah penggumpalan darah.Sebab, bawang merah memiliki sifat anti inflamasi.Sifat inilah yang mampu mengurangi penggumpalan darah serta menunrunkan darah yang mana berdampak baik untuk kesehatan jantung.

Tidak hanya itu saja, bawang merah juga mengandung allicin. Allicin sendiri merupakan salah satu jenis senyawa sulfur organic yang dapat melebarkan pembuluh darah. Selain itu, allicin juga bermanfaat untuk mengurangi produksi kolesterol jahat dalam tubuh.  Tidak hanya menjaga kesehatan jantung dan menunrunkan kolesterol, bawang merah juga diyakini dapat menurunkan kadar gula darah.

Hal ini dikarenakan bawang merah mengandung kromium yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, kandungan nutrisi yang ada di dalam bawang merah ini juga dapat meningkatkan hormone insulin dalam tubuh. Maka dari itu, bawang merah  ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.