Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Hasil Melimpah, Simak Cara Tanam Jagung NK Perkasa yang Benar di Sini!

Bibit jagung NK perkasa umumnya banyak dipilih oleh masyarakat lantaran pertumbuhan awalnya yang seragam membuat buah jagung tumbuh serentak. Terlebih varietas tersebut mempunyai baris biji yang padat, sehingga hasil produksinya termasuk tinggi. Berikut cara tanam jagung NK perkasa dengan benar yang bisa dilakukan untuk memperoleh hasil melimpah.

Cara Menanam Jagung yang Benar

  1. Syarat Tumbuh Tanaman Jagung

Meski tanaman jagung umumnya bisa tumbuh pada berbagai kondisi lingkungan, namun mengikuti syarat tumbuhnya akan memberi anda hasil yang maksimal. Untuk media tanahnya, sebaiknya memiliki pH 5,5-7,5 dan mengandung cukup kandungan unsur hara. Selain itu, akan lebih baik jika jagung ditanam pada ketinggian 50-600 mdpl dengan area yang mempunyai curah hujan ideal.

  1. Pengolahan Lahan Budidaya

Proses pengolahan lahan budidaya bisa dilakukan 5 hari sebelum penanaman jagung. Caranya yaitu dengan dibajak menggunakan traktor untuk kedalaman sekitar 20-30 cm. Kemudian dilakukan tahap pemupukan dasar dan pembuat bedengan untuk menanam jagung. Tinggi bedengan yang dibuat sekitar 20 cm, dan dibuat gol di sekeliling bedengan tersebut.

  1. Cara Menanam Jagung

Waktu yang paling tepat untuk menanam jagung adalah pada bulan Mei sampai Juli, karena intensitas curah hujan berkurang. Cara menanamnya yaitu buat lubang tanam sedalam 5-10 cm, kemudian tutup dengan bokashi. Berikutnya anda bisa menyemprotkan pupuk organik cair pada bekas lubang tanam untuk mempercepat pertumbuhannya sekaligus melindungi jagung dari penyakit.

  1. Merawat Tanaman Jagung

Perawatan tanaman jagung dilakukan dengan penjarangan dan penyulaman, penyiangan, pembumbunan, sistem pengairan, serta pengendalian hama penyakit. Dengan memperhatikan beberapa aspek tersebut, maka tanaman jagung akan tumbuh subur dan bisa dipanen dalam waktu cepat.

Menanam jagung memang membutuhkan proses yang cukup panjang. Karena ada banyak perlakuan yang harus diberikan dan diperhatikan untuk mendapat jagung dengan kualitas maksimal. Namun cara di atas patut dicoba apabila memiliki lahan kosong di rumah.