Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Mengenal Penyebab dan Gejala Anemia

Anemia ialah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan eritrosit atau sel darah merah yang menyebabkan organ di dalam tubuh kekurangan asupan oksigen. Anemia dapat terjadi jika produksi eritrosit yang rendah, hancurnya eritrosit yang berjalan dengan amat cepat dan kehilangan darah dengan berlebihan. Anemia dapat terjadi akibat menderita penyakit kronis, pendarahan dan kehamilan.

Gejala dari penyakit anemia cukup beragam dan terjadi berdasarkan dengan penyebabnya. Gejala yang umum muncul pada penderita anemia adalah cepat merasa lelah, pusing, sakit kepala, sering merasa mengantuk, napas yang pendek, kulit nampak pucat, detak jantung yang tidak teratur dan nyeri pada bagian dada. Gejala-gejala tersebut sering kali tak disadari oleh penderita. Mereka akan mulai menyadarinya ketika kondisi anemia semakin parah.

Pada saat gejala anemia semakin memburuk, penderita perlu memeriksakan diri ke dokter. Pemeriksaan ke dokter juga perlu dilakukan jika pengobatan penyakit ini dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Dokter akan melakukan pemantauan hingga jumlah Hb pada darah berada dalam keadaan yang normal.