Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

12 Fakta Burung Cabak Yang Unik dan Jarang Diketahui

Ada banyak jenis burung, diantaranya ada yang pemakan serangga. Namun jika umumnya burung pemangsa serangga lebih aktif di siang hari berburu mangsa. Berbeda dengan burung satu ini, yaitu buring cabak.

Dikenal sebagai burung pemangsa serangga kecil, namun uniknya burung ini aktif berburu mangsa di malam hari (nokturnal) berbeda dengan kebanyakan burung sejenis.

Karena itulah, burung cabak dianggap unik. Namun kegunaannya tak terbatas pada aktivitasnya di malam hari. Masih banyak fakta burung cabak yang tak kalah menarik.

Misalnya dalam hal bentuk fisiknya yang dinilai aneh. Ada yang menganggap mirip burung hantu namun mulutnya besar. Kemudian suara atau kicauan yang meratap terbilang cukup unik. Simak selengkapnya fakta burung cabak dikutip dari Faunanesia berikut ini.

Fakta Burung Cabak Pemakan Serangga

Fakta burung cabak bernama latin Caprimulgidae dan Podargidae. Adalah spesies burung pemakan serangga yang aktif di malam hari (nokturnal).

Fakta Burung Cabak Sifatnya Beda Beda Tiap Jenis

Fakta burung cabang lainya adalah sifatnya beda beda setiap jenisnya. Mulai dari kebiasaan aktivitas sampai dengan makanannya.

Fakta Burung Cabak Kebiasaan Unik

Kebiasaan burung cabak cukup unik. Misalnya terbang berputar putar saat sore dan saat pagi sambil bersuara tinggi seakan meratap “cwuirp” berulang-ulang dengan cara teratur.

Hal ini karena burung cabak tertarik pada lampu lampu malam kota memburu serangga disekitarnya.

Lalu di siang hari burung cabak cuma berdiam diri berbaring di atap gedung atau di atas tanah.

Fakta Burung Cabak Dalam Perkembang Biakan

Fakta burung cabak berikutnya adalah dalam hal perkembang biakan. Biasanya berkembang biaknya burung ini terjadi bulan mei sampai bulan desember.

Telur Burung Cabak

Fakta lainya adalah berapa telur burung cabak warnanya kuning tua ada semacam bintik bintik noda serta garis coklat. Telur telur ini ditaruh di lekukan tanah yang sebelumnya digaruk tanpa sarang.

Fakta Kicauan Burung Cabak

Fakta kicauan burung cabak agak aneh. Mirip orang mengetuk pintu dan kadang kadang bersuara seperti meratap “cwuirp” berulang ulang saat memburu serangga di malam hari.

Fakta Burung Cabak semuanya Pemakan Serangga

Fakta burung cabak selanjutnya, adalah bahwa semua spesies burung ini pemakan serangga serangga kecil.

Punya Jaring Unik

Burung cabak punya semacam jaring unik dari bulu bulu kasar di area paruh. Fungsinya untuk menangkap mangsa serangga saat terbang.

Spesies Burung Cabak di Indonesia

Ada dua marga burung cabak di Indonesia dan 4 spesies ada di Jawa.

Burung Cabak Maling Kota merupakan jenis cabak yang ukuranya lebih kecil, cuma 22 cm dan warnanya solid.

Fakta Burung Cabak Jantan

Burung cabak jantan punya dua pasang bulu di luar ekor, seluruhnya warna dominasi warna putih. Kecuali ujungnya, warnanya gelap.

Fakta Burung cabak betina

Burung betina warnanya kemerahan dan tak ada tanda warna putih fan suara burung cabak betina yaitu mirip meratap, menusuk, berbunyi Cswip. Dikicaukan teratur selama 1/2 jam saat terbang.

Ciri-ciri Burung Cabak

  • Burung cabak panjangnya 30 cm.
  • rentang sayapnya 50 cm bisa lebih.
  • bulunya mirip bulu burung hantu lembut, berbintik-bintik halus warna abu-abu dan coklat.
  • Burung cabak terbang tanpa bunyi.

Nah itulah tadi fakta burung cabak. Burung yang cukup unik baik dari bentuk tubuh, karakter dan lain lain.