Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Factor Nyeri Perut Sebelah Kiri

Di antara gejala paling umum yang mendorong orang untuk mencari bantuan medis, sakit perut berada di urutan teratas. Sayangnya, hanya melaporkan gejala sebagai “ketidaknyamanan perut,” “sakit perut,” atau “perut terpelintir” seringkali tidak cukup.

Pankreatitis akut adalah peradangan pankreas, yang terletak di sisi kiri atas perut Anda dan menyebabkan ketidaknyamanan. Rasa tidak nyaman pada nyeri perut sebelah kiri bagian atas biasanya disebabkan oleh keluhan yang datang secara tiba-tiba (atau epigastrium). Rasa sakit sering menyebar ke punggung. Pankreatitis akut dapat mempengaruhi organ lain juga. Jika Anda memiliki gejala yang persisten dan parah, kondisi ini dapat berkembang menjadi pankreatitis kronis.

Nyeri Perut Sebelah Kiri Bisa Jadi Gratitis

Gastritis adalah suatu kondisi yang terjadi ketika lapisan lambung menjadi teriritasi. Infeksi bakteri H. pylori dapat menyebabkan gastritis, yang dapat menyebabkan bisul. Gastritis juga dapat disebabkan oleh penggunaan beberapa obat atau terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Gejala termasuk nyeri yang menyakitkan atau nyeri perut sebelah kiri atas (yang mungkin mereda setelah makan), mual dan muntah, dan sensasi perut bagian atas penuh setelah makan.

Gastritis dapat menyerang secara tiba-tiba (gastritis akut) atau secara bertahap dari waktu ke waktu (gastritis kronis) (gastritis kronis). Gastritis dapat menyebabkan bisul dan peningkatan risiko kanker perut dalam kasus tertentu. Sebagian besar, gastritis bukanlah kondisi parah yang merespon dengan baik terhadap terapi.

Nyeri Perut Sebelah Kiri Bias Disebabkan Pencernaan

Irritable Bowel Syndrome (IBS) adalah penyakit pencernaan yang mempengaruhi usus besar dan ditandai dengan nyeri perut sebelah kiri atau kram perut, kembung, dan produksi gas. Masalah buang air besar, mulai dari sembelit hingga diare, dapat disebabkan oleh IBS.