Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Jenis-Jenis Desain Pintu Rumah Terbaik

Pintu adalah salah satu elemen penting dalam suatu bangunan termasuk rumah gedung, hotel, mall dan berbagai bangunan lainnya. Pintu sendiri fungsinya dipahami sebagai tempat keluar masuk di suatu ruangan menuju ruangan lain. Atau sebagai tempat mengakses berbagai ruang interior dalam rumah maupun bangunan lain.

Saat ini, desain pintu rumah kian beragam seiring majunya zaman dan sejalan dengan semakin berkembangnya konsep desain rumah kekinian.

Jenis-Jenis Desain Pintu Rumah Terbaik

Nah berikut ini beberapa desain pintu rumah yang biasa digunakan masyarakat dalam membangun pintu untuk rumah mereka.

Berikut ini macam macam desain pintu rumah. Termasuk pintu depan, pintu kamar, dan beberapa desain pintu lainya.

1. Desain Pintu Rumah Mengayun/Pintu swing

Desain pintu rumah mengayun/pintu swing adalah jenis pintu paling banyak digunakan masyarakat pada rumah mereka. Nama lain pintu atun yakni pintu kupu kupu, terdiri dari satu atau lembar papan.  Cara membulanya diayun dengan sedikit tarikan/dorongan.

Cara pasang pintu ini mudah menggunakan bantuan pemasangan engsel.  Bahan penunjang untuk desain pintu rumah ini beragam. Seperti kayu, logam, triplek dan bahan lain.

Desain pintu rumah mengayun bisa untuk pintu utama rumah dibuat dengan ukuran lumayan besar nampak elegan. Sayangnya ada kekurangan desain pintu ini. Yaitu butuh ruang cukup luas untuk tempat mengayun pintu.

pintu rumah satu ini juga kerap timbulkan efek suara agak berisik saat tiba tiba menutup karena tiupan angin atau ketika sengaja ditutup dengan membantingnya. Namun dari segi tampilan, desain pintu rumah mengayun cukup bagus dan lazim digunakan.

2. Desain Pintu  Rumah lipat

Kemudian ada desain rumah pintu lipat. atau pintu folding. Cara membuka pintu ini dengan melipat dan mengumpulkan lipatan pintu. Biasanya bukaan pintu ada di ujung tepi pintu, di sebelah kanan. Jadi ketika membuka pintu ini, pintu terlipat ke bagian kiri.

Ada juga desain pintu rumah lipat yang bukaannya ada di tengah pintu. Ini sering digunakan di ruang lumayan luas misalnya garasi rumah yang perlu jenis pintu agak lebar. Jenis pintu ini bisa kamu beli dengan nama pintu besi harmonika.

3. Desain pintu rumah geser

Desain pintu rumah geser biasa dijumpai pada rumah khas negeri Jepang. Keunggulan utama jenis pintu ini yaitu tak perlu makan banyak ruang dalam rumah untuk ayunan pintunya.

Jadi, pemasangan pintu geser ini bisa diterapkan pada ruangan tak terlalu luas. Misalnya pada kamar di rumah minimalis. Cara membuka pintu geser ini dengan menggeser ke kanan atau kiri.

4. Desain Pintu Rumah  rel

Seperti namanya, desain pintu rumah rel gunakan del di bawah dan atas dalam pemasangannya. Pintu ini biasanya dipakai untuk pintu garasi rumah, ukuranya cukup besar. Proses buka tutup pintu lebih mudah. Namun pemasangan awal cukup repot, harganya juga lumayan mahal.

5. Desain Pintu Rumah melingkar

Desain pintu rumah melingkar sudah jarang digunakan. Namun masih banyak digunakan di gedung gedung seperti mall atau hotel. Bentuk pintu ini besar dan ada sekat sekat yang menampilkan kesan kotak kotak di pintu tersebut.

Nah itulah tadi beberapa desain pintu rumah. Sebetulnya masih banyak lagi jenis desain pintu rumah lainnya, seperti desain pintu rumah otomatis, pintu menggulung dan sebagainya.

Biasanya dalam menentukan model desain pintu rumah, menyesuaikan bentuk dan ukuran rumah. Untuk ukuran rumah minimalis, bisa juga menyesuaikan bentuk dan ukuran pintu minimalis dan sebagainya.