Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Definisi Dan Ciri-Ciri Artikel

Apakah sebelumnya Anda pernah mendengar kata artikel? Mungkin sebagian dari sudah mengetahui apa itu artikel. Bahkan tanpa Anda sadari Anda pernah membaca contoh artikel di website seperti google dan aplikasi lainnya. Lantas apa itu yang dinamakan artikel? Nah bagi Anda yang belum mengetahui apa itu artikel, Anda dapat menyimak informasi dibawah ini.

Secara umum, artikel merupakan sebuah karya tulis dengan penulisan yang lengkap. Biasanya artikel ini berisi sebuah pemikiran maupun fakta yang dapat memberi rasa yakin atau menghibur para pembacanya. Anda dapat membaca karya tulis ini di Koran atau majalah. Selain itu, karena kemajuan teknologi yang canggih menjadikan Anda juga bisa membaca karya tulis ini di website yang tersedia.

Selain itu, ada juga beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai definisi dari artikel. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Rilian E. Wolseley

Menurut Rillian E. Wolseley, artikel merupakan sebuah karangan tertulis yang memiliki oanjang yang tidak dapat ditentukan dan memiliki tujuan untuk menyampaikan gagasan serta fakta dengan maksud untuk meyakinkan, mendidik, dan juga menghibur.

  • Andi Baso Mappatoto

Sementara itu, menurut Andi Baso Mappato menyatakan bahwa artikel merupakan sebuah karya tulis lengkap, karya tulis nonfiksi dan suatu karangan tertulis yang panjang tulisannya tidak bisa ditentukan.

  • Sumandiria

Sedangkan Sumarinda berpendapat bahwa artikel merupakan sebuah karya tulis lepas yang berisi opini-opini terhadap masalah yang sifatnya actual dan kontrovesial dengan tujuan mengibung atau mempengaruhi pembaca.

Sementara itu, di KBBI sendiri terutkiskan bahwa artikel merupaka sebuah karya tulis yag dibuat sevara lengkap seperti sebuah esai pada majalah, surat kabar, dan lain sebagainya. Artikel sendiri berbeda dengan berita. Karya sastra ini memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan karya tulis lain. Berikut ini ciri-ciri artikel yang dapat Anda ketahui:

  • Artikel merupakan sebuah karya sastra yang ditulis secara singkat, padat, jelas dan pembahasannya lengkap dan tuntas.
  • Isi dari sebuah artikel merupakan fakta. Artikel tidak dibuat berdasarkan fiksi atau mitos yang kebenarannya tidak meyakinkan.
  • Artikel merupakan karya tulis yang bersifat informatif dan berdasarkan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan isinya.
  • Artikel berisikan sebuah opini, akan tetapi tetap berdasarkan fakta dan memiliki sumber data yang valid.
  • Penulisan artikel menggunakan bahasa yang baku dan resmi. Namun, Anda juga bisa menggunakan bahasa yang informal. Hal tersebut tergantung topik yang Anda tuliskan.
  • Dalam penulisan sebuah artikel harus ditulis secara sistematis, sehingga para pembaca dapat lebih memahami isinya.

Jika Anda pernah membaca contoh artikel di google atau aplikasi lainnya, pasti Anda sering menemukan konjungsi, seperti sebab, karena, dan lain sebagainya bukan? Mengapa Anda menemukan hal tersebut? Sebab, konjungsi ini merupakan  kaidah kebahasaan dalam artikel. Jadi, terdapat beberapa kaidah kebahsaan dalam sebuah artikel.

Artinya tidak hanya konjungsi saja yang ada di dalam artikel, namun ada juga kata denotatif.Kata denotatif ini merupakan kata yang menunjukkan makna yang sebenarnya.Kemudian menggunakan kata-kata istilah atau kata teknis yang berkenaan dengan topik pembahasan.Misalnya, jika topik yang dibawakan mengenai kesehatan, maka istilah teknis yang digunakan yaitu virus, bakteri, dan lainnya.

Selain itu juga menggunakan kata-kata perunjukkan seperti menurut pendapat, berdasarkan data, dan lain sebagainya. Secara garis besar manfaat dari artikel ini yaitu untuk menyampaikan ide penulis dalam mengembangkan daya imajinasi serta kreatif dari si penulis.Demikian pengertian dan ciri-ciri artikel yang dapat Saya berikan kepada Anda.