Trending JeparaWindowsMasker WajahKeselamatan KerjaAplikasiMebel UkirPenulisanJenazahPromo JCO TebaruBetonBatikMotor

Dapat Berpotensi Gempa, Berikut Fakta Menarik Mengenai Sunda Megathrust

Pada beberapa tahun terakhir, gempa megathrust telah menjadi salah satu topik yang diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, tak sedikit pula orang yang belum mengetahui maupun memahami arti dari fenomena alam satu ini.  Ingin tahu lebih dalam mengenai kejadian alam yang satu ini? Yuk simak informasi mengenai sunda megathrust disini!

Deretan Fakta Menarik Mengenai Fenomena Alam Megathrust

  1. Potensi Dari Fenomena Megathrust

Megathrust merupakan kejadian alam yang paling ditakuti masyarakat karena dapat memicu gempa berkekuatan besar hingga tsunami. Namun, sesungguhnya menurut data hasil monitoring BMKG menunjukkan justru zona tersebut lebih banyak memiliki potensi gempa yang kecil. Meskipun begitu, warga juga harus tetap waspada dan jangan terlalu takut.

  1. Letak Zona Megathrust

Di Indonesia, letak zona megathrust bukanlah suatu hal yang baru. Pasalnya, sumber gempa yang satu ini sudah ada dari jutaan tahun lalu. Letak dari zona megathrust ini terbentuk karena adanya rangkaian busur kepulauan nusantara. BMKG menyatakan bahwa letak dari megathrust ini berada pada zona subsidi aktif.

  1. Bentuk Yang dimiliki

Pada dasarnya, fenomena alam yang satu ini adalah berbentuk curviplananar. Yang dimaksud dengan curviplananar adalah bentuknya akan terlihat seperti busur jika dilihat dari atas. Terlebih, yang membuatnya terlihat seperti itu karena adanya peningkatan dip yang dimulai dari palung mendekati garis pantai sumatera.

Itulah deretan fakta menarik mengenai kejadian alam yang mungkin belum anda ketahui. Meskipun kebenaran gempa dan tsunami yang dapat dihasilkan dari fenomena tersebut belum bisa dipastikan, akan lebih baik jika anda lebih waspada tetapi tetap tenang dalam menghadapi kejadian alam tersebut.