Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Contoh Karya Seni Tiga Dimensi dan Jenisnya

Seni adalah hasil karya yang akan menampikan berbagai macam keindahan. Baik keindahan dari bentuknya, warnanya, dan maknanya. Ada banyak hasil karya seni yang bisa dinikmati bahkan beberapa hasil karya seni tersebut juga bisa digunakan karena memiliki peran yang penting dalam kehidupan dan aktivitas manusia setiap harinya.

Apa Itu Karya Seni 3 Dimensi?

Karya seni 3 dimensi merupakan sebuah hasil karya seni yang diciptakan oleh manusia dengan adanya beberapa unsur yang digunakan. Beberapa unsurnya sendiri adalah Panjang, lebar dan juga tinggi. Sehingga akan tampak adanya volume serta ruang pada hasil karya yang dibuat. Karya seni 3 dimensi juga memiliki unsur ruang yang membuatnya menjadi pembeda dari karya seni 2 dimensi dan juga kara seni 3 dimensi sendiri. Semua yang melihat dan menikmati karya seni 3 dimensi ini bisa melihatnya dari berbagai sisi.

Jenis Karya Seni 3 Dimensi dan Contohnya

Untuk jenis karya seni 3 dimensi ini akan dibedakan berdasarkan fungsinya baik menggunakan fungsi pakai atau fungsi ekspresi itu sendiri. Terdapat perbedaan fungsinya karena untuk perbedaan tujuan senimannya sendiri di dalam menciptakan hasil karya seni 3 dimensi. Nah, untuk beberapa jenis dari karya seni 3 dimensi serta contohnya adalah:

  • Seni Terapan

Karya seni yang mampu digunakan sebagai benda pakai yang bisa membantu pekerjaan dan aktivitas manusia. Pastinya semakin nyaman digunakan oleh manusia, maka akan semakin bagus hasil karya seni yang dihasilkan. Untuk beberapa contoh dari seni terapan sendiri adalah meja, kursi, kayu, rak bambu, lemari, dan lain sebagainya.

Adapun untuk penerapan dari seni rupa terapan sendiri seperti seseorang yang akan membunyikan lonceng dari hasil seni terapan. Seseorang yang membunyikan genderan, membunyikan seruling juga menjadi salah satu contoh dari seni terapan 3 dimensi. Penggunaan beberapa perabotan dapur dan rumah tangga juga bisa dijadikan contoh penerapan dari seni rupa terapan seperti meja, kursi, lemari, keranjang rotan dan lainnya.

  • Seni Rupa Murni

Untuk karya seni jenis ini adalah karya seni yang memang hanya bisa dilihat keindahannya saja. Sebagai contohnya adalah patung, bangunan seperti tugu dan lain sebagainya. Untuk penerapan dari seni rupa murni seoertu Bedugul yang ada di Bali untuk bisa dilihat nilai keindahannya. Kemudian adanya Patung Sphinx di Mesir yang menjadi salah satu contoh dari seni rupa murni yang dijadikan sebagai salah satu tempat wisata agar orang-orang bisa melihat keindahannya.

Untuk unsur dari karya seni 3 dimensi ini memang cukup banyak. Ada beberapa unsur penting dari hasil karya 3 dimensi seperti warna, garis, bidang dan bentuk. Adapun beberapa unsur dalam sebuah makna simbolik yang dapat dilihat dari hasil karya seni baik 2 dimensi dan juga 3 dimensi. Seperti contohnya patung tugu maupun monument di sebuah tempat memang diciptakan dengan menggunakan sebuah unsur simbolik yang juga memiliki filosofinya yang cukup kuat. Ada contoh patung kuda yang dibuat sebagai sebuah logo atau symbol dari kegagahan.

Seni yang ada di sekitar kita bukan hanya seni 2 dimensi maupun seni 3 dimensi saja, melainkan ada banyak jenis seni lain yang bisa dilihat dan dirasakan. Untuk belajar dan menemukan banyak informasi tentang seni menarik lainnya, ada salah satu sumber yang bisa digunakan. Salah satu sumber informasi terlengkap ada di Lahana media.