Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Pentingnya Belajar Continuous Tense dan Manfaatnya

Jika Anda ingin mahir dalam berbahasa Inggris, tentunya tidak akan afdol jika tidak mempelajari grammar-nya. Meskipun terbilang susah, namun mempelajari grammar tentu bisa dilakukan asalkan Anda konsisten. Menulis dan berbicara dalam Bahasa Inggris pun akan lebih mudah dipahami dengan grammar yang benar. Jika belajar grammar, tentunya tidak akan lepas dari tenses. Salah satu tenses yang sering kita pelajari di bangku sekolah adalah continuous tense. Apa itu continuous tense?

Definisi dari Continuous Tense

Continuous tense adalah bentek tense yang menunjukkan bahwa suatu peristiwa atau aksi masih berlangsung dari waktu tertentu hingga waktu sekarang (present). Continuous tense menunjukkan bahwa peristiwa atau aksi tersebut sebelum, sedangm dan masih berlanjut setelah ada peristiwa atau aksi lainnya. Fungsi dari continuous tense tentu untuk menunjukkan bahwa suatu peristiwa atau aksi terjadi pada suatu waktu tertentu dan masih berlanjut sampai sekarang. Selain itu, fungsi dari continuous tense juga untuk menunjukkan suatu peristiwa atau aksi yang akan dilakukan dalam waktu dekat dan peristiwa atau aksi tersebut sudah direncanakan dengan pasti.

Manfaat Belajar Grammar

Grammar bukan hanya continuous tense saja, namun ada juga tenses lainnya yang sama-sama penting untuk dipelajari. Terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari belajar grammar.

  1. Untuk kepentingan formal

Meskipun dalam kehidupan sehari-hari tidak selalu membutuhkan grammar baik dalam tulisan maupun lisan, namun dalam hidup Anda pasti akan berkesempatan untuk berada dalam kepentingan formal seperti pekerjaan atau sekolah. Jika dalam kehidupan sehari-hari, tidak menggunakan grammar dengan baik dan benar memang tidak menjadi masalah. Akan tetapi jika Anda berada di lingkungan professional dan akademik, maka Bahasa formal pun harus digunakan di sini. Itulah pentingnya grammar untuk menunjang Bahasa formal Anda dalam ranah professional dan akademik.

Salah satu syarat agar Bahasa formal Anda baik dan benar adalah menerapkan grammar yang tepat. Jika Anda sudah mahir dalam grammar, maka untuk kepentingan formal pun tidak akan menjadi masalah lagi. Misalnya Anda akan melamar pekerjaan dan harus interview menggunakan Bahasa inggris atau misalnya Anda akan melakukan pidato dengan Bahasa Inggris. Kedua acara formal tersebut tentu membutuhkan Bahasa inggris formal dengan grammar yang benar.

  1. Ucapan dan tulisan mudah dipahami

Terkadang orang bisa menjadi salah paham akan suatu ucapan atau tulisan karena tata Bahasa yang buruk. Inilah yang membuat grammar menjadi sangat bermanfaat untuk dipelajari. Dengan mempunyai skil grammar yang cakap, maka Anda akan terhindari dari kesalahpahaman akan suatu ucapan atau tulisan. Anda bisa berbicara atau menulis dengan konteks yang mudah dipahami bagi pendengar atau pembacanya. Jika mudah dipahami, maka komunikasi pun juga menjadi lancar sehingga tidak terjadi sesuatu yang tidak diharapkan.

  1. Skill tambahan untuk melamar pekerjaan

Tidak bisa dipungkiri bahwa Bahasa Inggris merupakan Bahasa internasional. Jika dulu tidak banyak lapangan pekerjaan yang membutuhkan orang yang bisa berbahasa Inggris, namun di zaman sekarang banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan skill Bahasa Inggris. Jika berhubungan dengan pekerjaan, tentunya Bahasa Inggris yang digunakan adalah Bahasa Inggris formal yang mana akan erat kaitannya dengan grammar. Karena itulah dengan mempelajar grammar, maka Anda akan mendapatkan skill tambahan yang pasti berguna untuk melamar pekerjaan.

Continuous tense adalah salah satu satu dari enam belas tenses Bahasa Inggris yang harus dipelajari jika ingin handal berbahasa Inggris. Jika Anda mengalami kesulitan dalam belajar grammar, maka Anda bisa mengunjungi kursus Bahasa Inggris di Jakarta Timur untuk sebagai solusi yang tepat.