Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Mau Pakai Jasa Cargo Jakarta Palembang ? Pahami Dulu Jenis Jenis Packing Berikut!

Saat menggunakan jasa cargo Jakarta Palembang maupun tujuan lainnya, penting bagi anda untuk terlebih dahulu memahami jenis jenis packing yang ada. Karena tanpa packaging yang tepat, maka ada risiko barang rusak selama perjalanan. Baik itu rusak karena goresan maupun benturan. Adapun jenis jenis packing barang yaitu sebagai berikut.

Jenis jenis Packing Barang

  1. Packing Kardus

Kardus sering digunakan untuk packing karena dapat melindungi barang dari goresan. Penggunaan jenis kemasan kardus ini umumnya digunakan untuk pengiriman dalam jumlah banyak, misalnya pengiriman sepeda motor, dan lain sebagainya. Dengan adanya kardus yang melindungi, maka barang akan terhindar dari berbagai goresan akibat benda tumpul.

  1. Packing Bubble Wrap

Dalam pengemasan sepeda motor, biasanya proses packing tidak hanya dilakukan dengan kardus saja. Tapi sebelum kardus digunakan pula packing bubble wrap untuk menghindari terjadinya goresan pada barang. Bubble wrap sendiri menjadi kemasan wajib apabila anda ingin mengirim barang yang bersifat rapuh.

  1. Packing Plastik

Pada packing sepeda motor, lapisan pertama yang digunakan untuk menyelimuti semua bagian produk adalah packaging plastik. Jenis kemasan ini bisa dibilang paling banyak digunakan dalam dunia ekspedisi di dalam negeri. Keunggulannya yaitu tahan terhadap air sehingga banyak digunakan untuk berbagai barang.

Meskipun plastik sendiri sebenarnya hanya dapat digunakan untuk barang dalam jumlah ringan. Namun kembali lagi pada keunggulannya, karakteristiknya yang tahan air dan mudah dijumpai di mana saja membuat bahan ini tetap dimanfaatkan untuk packing berbagai jenis barang. Supaya lebih kuat, nantinya akan ditambah dengan packing bubble wrap dan kardus.

  1. Packing Karung

Pengiriman cargo Jakarta Palembang yang membawa barang dengan sifat kecil sebaiknya menggunakan packing jenis satu ini. Biasanya packing karung juga dimanfaatkan untuk lapisan paling akhir dalam pengemasan. Tujuannya adalah agar tidak ada barang yang tercecer dan menyebar. Misalnya barang seperti produk beras atau barang pangan lainnya.

  1. Strapping Band

Strapping band adalah jenis packing yang memiliki material polipropilena dan polietilena, yang umum digunakan pada berbagai macam industri. Biasanya jenis packagings trapping band ini dimanfaatkan untuk mengemas kebutuhan produk lokal maupun impor. Di antaranya seperti beton, bata ringan, panel lantai, dan sejenis itu.

  1. Shrink Film

Jika ingin produk yang dikirimkan terhindar dari debu dan kotoran sampai tiba di tangan penerima, maka pertimbangkan untuk menggunakan kemasan shrink film. Terlebih packaging ini dapat memberikan tingkat keamanan yang baik terhadap barang tersebut. Meski begitu, anda mungkin harus melihat kembali terkait ukuran yang tepat untuk membungkus produk.

  1. Peti Kayu

Peti kayu dapat berperan sebagai pelindung terluar dari barang yang dikemas dengan menggunakan kardus. Bisa dibilang bahwa packaging ini merupakan pengemas ekstra yang umumnya bisa anda minta dari penyedia jasa. Bentuk dari jenis kemasan ini sendiri bisa berupa kota kayu yang tertutup rapat maupun rangka yang dibuat dari papan dengan jarak di sela selanya.

Anda bisa memilih menggunakan peti kayu rapat atau dengan celah, tergantung barang yang akan dikirim. Lazimnya, peti kayu ini sangat direkomendasikan karena kekokohannya. Khususnya jika anda mengirim barang ke luar pulau dengan menggunakan kargo jalur laut atau udara.

Dari jenis jenis di atas, mana yang sepertinya cocok digunakan untuk membungkus barang anda ? Jika masih bingung, tidak ada salahnya untuk bertanya pada ekspedisi cargo Jakarta yang akan digunakan. Karena mereka sudah sering menangani pengiriman, tentunya dapat merekomendasikan jenis packaging yang paling sesuai.