Trending JeparaWindowsMasker WajahKeselamatan KerjaAplikasiMebel UkirPenulisanJenazahPromo JCO TebaruBetonBatikMotor

Cara Word Ke PDF Paling Mudah Dan Cepat Hasilnya

Cara word ke PDF ini seringkali dicari oleh pelajar. Karena, jenis format ini lebih banyak digunakan untuk keperluan penyimpanan dan pengiriman tugas.

Sebagian instansi yang memerlukan dokumen resmi pun sering menggunakannya. Alasannya, format ini lebih rapi dan tidak berisiko berantakan ketika dikirimkan melalui email.

Apabila Anda masih sangat awam tentang pemformatan tersebut, Anda bisa melanjutkan bacaan di sini. Atau, bisa juga masuk ke situs neotekno yang mengulas informasinya lebih detail.

Di sini, Kami akan menunjukkan 3 metode yang tentunya mudah dipahami. Ini bisa menjadi alternatif bagi yang dinilai lebih fleksibel. Di antara cara word ke PDF ini sebagai berikut.

Mengubah Dokumen Langsung dari Microsoft Word

Alternatif pertama yang sangat efektif ialah mengubah dokumen yang tertulis dalam Word ke PDF. Pemformatan ini tentunya lebih cepat. Dan tentu saja lebih mudah dijalankan.

Kuncinya terletak pada bagaimana Anda melakukan penyimpanan pada file tersebut. Nah, seperti apa caranya?

Langkahnya diawali dengan membuka dokumen di Microsoft Word. Asumsinya, file ini sudah tersimpan dalam format Docs.

Jika sudah, pastikan bahwa dokumen ini tertulis dengan rapi. Kemudian, Anda tinggal menekan menu File.

Di sini, ada sejumlah menu yang tampil. Anda hanya perlu memilih menu Save As. Setelah itu, pilih lokasi penyimpanan dari file.

Sebelum menekan OK, pastikan untuk memilih jenis format PDF. Di kolom penyimpanan ini tinggal digulirkan ke bawah sampai menemukan format tersebut.

Baru tekan OK atau Save. Hasilnya, dokumen dengan format PDF sudah terbuat. Tentunya, ada file ganda yang memiliki format berbeda. Yang satu adalah file asli berformat Docs. Yang kedua adalah file yang sama, namun sudah berformat PDF.

Mengubah Dokumen dengan Aplikasi

Cara kedua ialah dengan memanfaatkan aplikasi. Kami contohkan dengan aplikasi WPS yang paling sering digunakan.

Di sini, unduh dan install aplikasinya ke dalam perangkat komputer atau semacamnya. Setelah itu, buka aplikasi.

Muncul sebuah lembar kosong yang bisa diisi dengan tulisan. Jika Anda sudah memiliki dokumen, cukup Copy Paste ke dalam lembar kosong tersebut.

Kemudian, klik Menu. Lanjutkan dengan menekan Export to PDF. Anda akan langsung dibawa masuk ke kolom yang mana ditujukan untuk menulis nama file dan tempat penyimpanan.

Silahkan lanjutkan dengan menyetujui proses penyimpanan. Maka, file PDF akan terbuat dan tersimpan sesuai lokasi yang diharapkan.

Mengubah Dokumen melalui Layanan Online

Jika Anda tidak memiliki aplikasi dan sedang online, Anda dapat memanfaatkan layanan convert PDF. Layanan ini sudah tersedia di Google. Cukup ketik kata kunci seperti cara word ke PDF.

Masuklah ke salah satu layanan PDF Converter. Di dalam layanan ini, Anda akan diminta untuk mengunggah file yang ingin dirubah formatnya.

Silahkan klik Browse dan pilih File di folder komputer. Praktis, file ini akan terunggah ke dalam layanan.

Jika sudah terunggah sempurna, Anda tinggal menekan tombol Convert to PDF. Layanan ini akan memproses seperti permintaan.

Prosesnya cukup cepat. Selesai diubah, layanan ini akan menunjukkan hasilnya. Saatnya Anda melakukan pengunduhan file yang sudah di convert tersebut.

Unduh dan pastikan bahwa lokasinya mudah ditemukan. Hasil unduhan file ini bisa dipindahkan lagi ke folder yang Anda harapkan. Bahkan, sudah bisa dibaca dengan format PDF.

Demikianlah cara word ke PDF yang dapat Anda manfaatkan. Jika Anda memiliki tugas dan perlu diubah dalam format tersebut, Anda tidak lagi kebingungan. Cukup gunakan salah satu opsi yang Anda nilai lebih mudah.