Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Cara Windows 10 Ringan

 

Salah satu sistem operasi yang saat ini banyak digunakan pada laptop yaitu windows.Salah satunya windows.Hal ini dikarenakan, sistem operasi windows ini terus meningkatkan inovasi terbaru untuk memberikan kenyamaan penggunanya.Salah satu windows yang banyak digunakan pada laptop yaitu windows 10.

Meskipun windows 10 dikatakan sebagai sistem operasi yang paling banyak digunaka dan menjadi andalan pengguna laptop saat ini. Namun faktanya masih banyak kendala yang akan ditemui nantinya. Salah satunya yaitu permasalahan windows 10 yang tiba-tiba menjadi lemot.Permasalahan ini biasanya ditandai dengan beberapa keterangan error yang muncul.

Misalnya, layar yang tiba-tiba mengalami freese, program has stoped working. Selain itu aplikasi not responding, lag saat digunakan untuk beraktivitas.Bahkan sering ditemui aplikasi yang tidak bisa dibuka. Maka salah satu cara agar windows 10 menjadi ringan yaitu dengan meningkatkan kinerja perangkat windows 10 pada laptop Anda.

Sebelum Anda mengetahui cara windows 10 ringan terlebih dahulu Anda mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan windows 10 menjadi lemot hingga mengalami lag. Nah, di sini Charis akan memberitahukan kepada Anda beberapa faktor windows 10 lemot:

  • Minimnya spesifikasi perangkat yang digunakan

Ketika spesifikasi perangkat pada laptop Anda tidak memumpuni untuk mengistall windows 10, maka kinerja sistem pun akan berjalan dengan lambat. Umumnya, windows 10 perlu setidaknya 4G untuk berjalan tanpa kendala.Jika, RAM yang laptop Anda miliki berada di bawah 4G lebih baik jangan memaksakan perangkat untuk menggunakan windows 10.

  • File sistem rusak

Selain itu, file sistem yang rusak juga dapat menjadi alasan windows 10 tidak berjalan dengan optimal.Sementara itu, untuk memperbaiki kerusakan tersebut, Anda hanya perlu menjalankan perintah SFC dan DISM.

  • Driver bermasalah

Adanya driver yang bermasalah juga dapat menimbulkan beberapa kendala pada sistem. Salah satunya windows 10 yang sering mengalami lag dan lemot. Maka dari itu, untuk memastikan tidak ada driver yang bermasalah, Anda dapat mengakses Device Manager untuk memastikan driver yang ada pada laptop Anda bekerja dengan baik.

  • Terlalu banyak aktivitas multitasking

Multitasking merupakan sebuah fitur yang mana berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mengakses program, secara bersamaan dalam suatu waktu. Menjalankan terlalu banyak program secara bersamaan tentu akan membebani kinerja RAM pada laptop Anda. Ditambah, jika program yang Anda buka memilki daya yang berat.

  • Terkena virus atau malware

Virus atau malware juga dapat dijadikan salah satu penyebab windows 10 mengalami lag atau lemot. Adanya virus atau malware pada computer dapat menimbulkan beberapa kesalahan sistem. Hal ini dikarenakan virus ini mampu mengubah dan menghaous beberapa file sistem dan aplikasi yang ada di dalam laptop Anda.

  • Penyimpanan penuh

Penyimpanan ruang yang penuh juga berpengaruh terhadap kinerja sistem. Dengan kata lain, jika ruang penyimpanan penuh, maka sistem operasi windows 10 tidak bisa berjalan dengan optimal. Sehingga windows 10 mengalami lag atau lemot.

Selain faktor diatas, masih ada banyak lagi penyebab windows 10 mengalami lag atau lemot. Sementara itu, dari faktor penyebab windows 10 lemot di atas, dapat Charis simpulkan cara windows 10 ringan

  • Menjalankan SFC dan DISM

Pertama, tekan tombol windows + X pada keyboard.Pilih windows powershell admin dan klik yes. Selanjutnya ketik perintah sfc/scannow, kemudian tekan enter. Jika sudah, jalankan perintah DISM/Online/Cleanup-Image/RestoreHealth, lalu tekan enter. Terakhir, restart laptop Anda.

  • Selalu mengecek ruang penyimpanan
  • Mengurangi aktivitas multitasking
  • Menghapus file sampah windows
  • Memeriksa driver perangkat
  • Scan menggunakan antivirus.