Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Cara Menghilangkan Mata Sembab Setelah Menangis dan Kurang Tidur

Mata sembab karena menangis, kurang tidur atau penyebab lainnya tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan tetapi juga membuat Anda kehilangan kepercayaan diri. Dengan beberapa cara menghilangkan mata sembab berikut dapat mengurangi pembengkakan mata super cepat dengan cara sederhana.

Anda bisa mengalami mata bengkak karena berbagai penyabab, jadi ada banyak cara untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan mata sembab yang cepat dan efektif di rumah.

1. Cara menghilangkan mata sembab dengan mencuci muka dengan air dingin

Air dingin dapat menenangkan ketidaknyamanan dan mengurangi mata sembab setelah menangis atau bangun tidur, efektif dan sederhana.

Untuk mengaplikasikannya, cukup basuh wajah Anda dengan air dingin, percikkan mata Anda dengan air dingin secara perlahan sampai Anda merasa mata menjadi tenang.

2. Cara menghilangkan mata sembabmenangis dengan handuk dingin

Ini memiliki efek yang sama dengan cara mengurangi mata sembab dengan air dingin, tetapi mengoleskan handuk akan membantu Anda menenangkan area yang bengkak secara efektif dan sedikit lebih cepat, jadi jika Anda punya waktu, itu harus diterapkan.

Caranya sangat sederhana, kita menggunakan handuk yang direndam dalam air dingin atau handuk basah, masukkan ke dalam lemari es lalu gunakan untuk menutup mata selama 5-10 menit. Suhu yang rendah akan menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga meminimalkan pembengkakan.

3. Cara menghilangkan mata sembab dengan es

Kompres dingin cukup efektif untuk mengurangi pembengkakan dan rasa tidak nyaman pada mata. Suhu yang rendah akan menyebabkan kulit di sekitar mata berkontraksi dan memungkinkan pembuluh darah mengendur.

Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu menggunakan handuk bersih untuk membungkus es batu dan mengoleskannya dengan lembut ke area mata yang bengkak dan sekitar selama beberapa menit.

4. Cara menghilangkan mata sembab dengan sendok dingin

Cara mengurangi bengkak mata dengan sendok dingin cara kerjanya sama dengan kompres dingin tapi sedikit lebih sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan 2 sendok dan memasukkannya ke dalam lemari es atau air dingin sebelum mengoleskannya ke mata untuk menenangkan kulit.

Namun, perhatikan dinginnya sendok dan hindari terlalu lama menempel di kulit (sebaiknya oleskan sendok dingin ke kulit selama 10-20 detik sekaligus dan lakukan berkali-kali) karena area mata cukup sensitif.

5. Cara menghilangkan mata sembab dengan mentimun

Mengoleskan mentimun merupakan cara mengurangi bengkak mata yang cukup familiar, efektif dan mudah dilakukan.

Dengan lebih dari 95% air dan zat seperti asam askorbat, asam caffeic, keduanya akan mendinginkan, menenangkan, mengurangi iritasi dan mencegah retensi air yang menyebabkan pembengkakan.

Yang perlu Anda lakukan adalah memotong mentimun menjadi irisan dan meletakkannya di atas mata Anda selama 10-15 menit atau sampai dingin.

6. Cara menghilangkan mata sembab dengan kentang

Jika Anda belum tahu, kentang mengandung enzim yang memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit dan mengurangi pembengkakan, bengkak dan lingkaran hitam yang disebut catecholase. Oleh karena itu, itu benar-benar dapat menjadi asisten yang efektif dalam menenangkan mata bengkak.

Untuk meningkatkan efeknya, Anda dapat memasukkan kentang ke dalam lemari es, lalu mengirisnya dan meletakkannya di mata Anda selama sekitar 10 menit. Setelah itu, ingatlah untuk memijat dengan lembut untuk melancarkan peredaran darah dan bilas kulit dengan air dingin.

7. Cara menghilangkan mata sembab dengan gel lidah buaya

Gel lidah buaya kaya akan antioksidan, vitamin E, pelembab yang lembut, baik dan memiliki sifat anti-inflamasi sehingga menenangkan kulit, memperbaiki sel atau mengurangi pembengkakan mata dengannya tidak terlalu sulit.

Anda hanya perlu menggunakan gel lidah buaya segar (bisa didinginkan terlebih dahulu ) secara merata pada kulit di sekitar mata dan tunggu hingga terasa lebih baik. Beberapa gerakan pijatan lembut juga membuat masalah lebih cepat teratasi, jadi jangan lupa untuk mengaplikasikannya.

Selain masalah mata sebab, mata juga bisa mengalami rabun jauh atau rabun dekat yang hanya bisa efektif diobati dengan operasi lasik di National Lasik Center .