Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Cara Menghapus Malware di Android Yang Tidak Bisa Dihapus

Malware dapat memperlambat sistem Anda dan menyebabkan masalah dan masalah dengan telepon Anda. Artikel dikutip dari bidangtekno.com ini akan memperkenalkan langkah-langkah cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus dengan mudah.

7 Cara Menghapus Malware di Android Yang Tidak Bisa Dihapus

Langkah 1: Matikan Daya sampai Anda Mengetahui Detail Masalahnya

Setelah Anda mengira ponsel Anda diserang oleh malware, tekan tombol daya untuk mematikan ponsel. Ini tidak memblokir malware, tetapi dapat mencegah serangan menjadi lebih buruk dan menginfeksi jaringan.

Shutdown juga memberi Anda lebih banyak waktu untuk berpikir dan meneliti. Apakah Anda tahu aplikasi mana yang telah menginfeksi perangkat Anda dengan malware, atau perangkat lunak lain apa yang telah diunduh tanpa persetujuan Anda? Jika tidak, gunakan komputer dan cari gejala untuk mempersempit masalah.

Jika tidak ada masalah yang terdeteksi, Anda dapat menghidupkan kembali ponsel Anda dan langsung ke langkah 5. Aplikasi anti-malware dapat membantu menentukan penyebab masalah Anda dan bahkan mungkin menghapusnya, perangkat lunak yang terinfeksi untuk Anda. Namun, ini akan memerlukan pemulihan akses telepon ke Internet lagi, yang disertai dengan beberapa risiko.

Langkah 2: Masuk ke Mode Aman/darurat

Saat Anda menghidupkan kembali perangkat dan mencoba menyingkirkan aplikasi yang bermasalah, alihkan ke mode aman terlebih dahulu. Ini akan membantu membatasi kerusakan yang dapat disebabkan oleh aplikasi yang terinfeksi.

Untuk sebagian besar perangkat Android, Anda dapat masuk ke mode aman dengan menahan tombol daya selama beberapa detik saat perangkat menyala, lalu menekan dan menahan tombol volume down dan daya bersamaan selama beberapa detik, lalu pilih Reboot to safe mode. Pilih mode ini dan tunggu ponsel Anda melakukan boot ulang sebelum melanjutkan.

Jika Anda tidak dapat menemukan mode aman, aktifkan mode pesawat untuk memutuskan sambungan perangkat Anda dari semua jaringan. Anda biasanya dapat menemukan opsi itu di bagian atas layar notifikasi Anda.

Catatan: Jika Anda menemukan penyebab masalah Anda terkait malware, bahkan setelah mengunduh aplikasi yang aman, ini bukan saatnya untuk memperbaikinya. Mintalah bantuan profesional dan Anda harus mereset ulang ponsel Anda. Ini adalah strategi yang baik jika ponsel Anda terinfeksi ransomware.

Langkah 3: Instal dan Temukan Aplikasinya

Buka Pengaturan di perangkat Android Anda. Pengaturan biasanya memiliki ikon roda gigi, tetapi itu tergantung pada tema dan pengaturan ponsel Anda.

Di Pengaturan, geser ponsel Anda sampai Anda melihat bagian yang disebut Aplikasi dan di sini cari daftar semua aplikasi Anda saat ini. Anda mungkin perlu memilih Manajer Aplikasi (Aplikasi) untuk menemukan daftar lengkap semua aplikasi yang terinstall. Sesampai di sana, gulir sampai Anda menemukan aplikasi yang terinfeksi.

Pilih aplikasi dan akan ada opsi untuk Uninstall, Force Close atau Force Stop (biasanya Anda tidak dapat menghapus aplikasi inti, cukup nonaktifkan saja).

Langkah 4: Hapus Aplikasi yang Terinfeksi dan Hal Lain yang Mencurigakan

Cukup pilih Uninstall dan perangkat Android Anda akan menghapus aplikasi yang dicurigai. Sebaiknya tinjau daftar aplikasi Anda dan hapus instalan unduhan mencurigakan lainnya.

Catatan: Dalam beberapa kasus, Anda tidak dapat mencopot pemasangan aplikasi, dan Anda akan melihat fitur Nonaktifkan di sana. Beberapa malware atau ransomware pintar akan mengakses pengaturan admin Anda dan mencegahnya. Namun, Anda dapat memperbaikinya dengan kembali ke menu Pengaturan asli dan menggulir ke bawah ke Lock Screen and Security atau bagian serupa.

Di menu Keamanan, cari bagian yang disebut Phone Device Administrators. Anda mungkin perlu mengakses pengaturan keamanan lain terlebih dahulu, tergantung bagaimana menu keamanan Anda diatur. Di Administrator Telepon Anda akan dapat mengaktifkan penghapusan malware Android.

Langkah 5: Instal Beberapa Aplikasi Anti-Malware

Ada sejumlah aplikasi keamanan yang dapat Anda unduh dan instal untuk melindungi ponsel Anda, memindai virus, dan menghapus file sampah atau perangkat lunak yang berpotensi terinfeksi. Setelah Anda selesai menghapus aplikasi yang bermasalah secara manual, unduh aplikasi keamanan untuk membantu menyelesaikan masalah di masa mendatang.

Ada banyak opsi di area ini: Coba perangkat lunak seperti Safe Security, Avast Antivirus, atau AVG Antivirus di Google Play Store, atau lihat rekomendasi aplikasi keamanan dan antivirus lainnya untuk HP Android di bawah ini.

  1. Kaspersky Mobile Antivirus

Kaspersky Mobile Antivirus, juga dikenal sebagai Kaspersky Internet Security menawarkan perlindungan malware dan pemblokiran panggilan. Ini adalah salah satu perangkat lunak yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer hingga ponsel berkat platform teknologi yang tersedia, sehingga aplikasi ini juga memuaskan banyak pelanggan berkat fitur-fitur hebat yang dibawa aplikasi. .

Fitur luar biasa :

  • Pindai virus untuk memblokir perangkat lunak berbahaya memasuki telepon.
  • Temukan lokasi telepon.
  • Lindungi informasi pribadi.
  • Tambahkan kode kunci saat mengakses informasi pribadi.
  • Filter tautan dan situs web berbahaya.
  • Amankan akun Anda saat melakukan transaksi online.
  1. AVG Antivirus Security

AVG Antivirus Security adalah nama yang tidak asing lagi di dunia per antivirusan. Aplikasi diunduh lebih dari 7,7 juta kali dan peringkat 4,7/5,0, cukup untuk mengonfirmasi nilai yang diberikan perangkat lunak ini kepada pengguna.

Fitur luar biasa :

  • Pindai aplikasi, game, pengaturan, dan file secara real time.
  • Tingkatkan kecepatan dengan menghilangkan tugas yang memperlambat perangkat Anda.
  • Hapus file yang tidak perlu untuk mengosongkan ruang.
  • Keamanan dalam berbagai bentuk: Kode pin, pola buka kunci, atau sidik jari.
  • Memungkinkan menemukan ponsel Anda yang hilang melalui Google Maps.
  • Sembunyikan foto pribadi di Vault terenkripsi.
  • Anonim dengan VPN.
  • Memindai jaringan Wi-Fi untuk menghentikan ancaman.
  • Tes kecepatan unduh dan unggah Wi-Fi.
  • Beri tahu pengguna jika kata sandi terbuka.
  • Dapatkan informasi terperinci tentang tingkat izin aplikasi yang diinstal.
  1. Avast Antivirus

Avast Antivirus adalah salah satu perangkat lunak antivirus gratis terbaik tidak hanya di ponsel tetapi juga komputer.

Perangkat lunak ini akan membantu Anda lebih dari apa yang Anda pikirkan tentang perangkat lunak anti-virus. Tidak hanya pemindaian virus biasa, tetapi juga banyak fungsi lain seperti perlindungan email, perlindungan browser web, dan perlindungan terhadap malware.

Fitur luar biasa :

  • Fitur gratis: mesin antivirus, anti-pencurian, cek retas, kotak foto aman, pemindai file, privasi, penguat RAM, pembersih sampah, pelindung web, keamanan Wi -Fi, informasi aplikasi terperinci, pembersih virus, uji kecepatan Wi-Fi.
  • Ambil foto dan rekam pencuri telepon jika terjadi pencurian.
  • Cari telepon.
  • Keamanan optimal dengan banyak opsi kunci aplikasi yang berbeda: Kode pin, pola, sidik jari.
  • Hapus iklan.

Selain 3 aplikasi antivirus diatas, kamu bisa juga menunduh aplikasi lainnya seperti Safe Security, Lookout Security & Antivirus, ESET Mobile Security & Antivirus, Norton 360,  Bitdefender Mobile Security & Antivirus, Avira Antivirus Security, McAfee Mobile Security, Malwarebytes Security dan Dr. Web Security Space.

Langkah 6 : Gunakan Data Eraser CB

Cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Data Eraser CB. Aplikasi Data Eraser CB bisa kita unduh dan install secara gratis di Playstore.

Untuk menggunakan Data Eraser CB agar bisa menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama undah dan install aplikasi Data Eraser CB.
  • Kemudian buka aplikasi Data Eraser CB dan masuk ke menu Setting dan kamu scrol sampai menemukan Default Method.
  • Disini kamu pilih BSI TL-03423 dan lanjut memilih menu Manage app permissions, setelah itu kamu izinkan aplikasi Data Eraser CB untuk dapat mengakses penyimpanan telepon.
  • Pada bagian Show hidden files kamu aktifkan.
  • Kembali ke menu utama aplikasi Data Eraser CB kamu pilih Select Files dan pilih Internal Storage dan cari file yang terdeteksi sebagai malware yang tidak bisa dihapus sebelumnya.
  • Pada file malware tersebut kamu tekan dan tahan sampai muncul ikon tempat sampah dan klik ikon tempat sampah tersebut untuk menghapus malware.

Aplikasi Data Eraser CB hanya dapat menghapus file malware dengan ukuran kurang dari 100 MB, jika ukuran file lebih dari 100 MB maka kamu harus mengupdrade aplikasi Data Eraser CB dengan membayar Rp 62 ribu.

Langkah 7 : Gunakan Malwarebytes Security

Cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus terakhir adalah dengan bantuan aplikasi Malwarebytes. Aplikasi Malwarebytes dapat diunduh dan install secara gratis melalui Google Play Store.

Malwarebytes adalah salah satu aplikasi antivirus dan malware yang populer digunakan di smartphone Android saat ini, karena kemampuannya untuk menghilangkan berbagai jenis malware di HP Android.

Untuk langkah-langkah menghapus malware yang tidak bisa dihapus di HP Android, silahkan ikuti instruksi berikut :

Langkah pertama kamu bisa masuk ke Google Playstore dan cari Malwarebytes Security, unduh dan install.

Setelah itu buka aplikasi Malwarebytes Security dan izinkan aplikasi ini untuk bisa mengakses semua data di perangkat dan jika sudah masuk ke aplikasi Malwarebytes Security kamu tekan Fix Now.

Kemudian proses pemindaian sistem akan berjalan secara otomatis, kemudian kamu lanjutkan klik Update database dan klik Run Full Scan.

Tunggu sampai proses pemindaian malware selesai, setelah itu aplikasi Malwarebytes Security akan menemukan beberapa aplikasi atau file yang terdeteksi sebagai malware yang tidak dapat dihapus.

Pilih file tersebut dan klik Remove Selected untuk menghapusnya dan terahir kamu lakukan restart ponsel.

Cara Mencegah Malware di HP Android

Jika masalah malware di HP android telah teratasi dan kamu sudah bisa menghapus malware tersebut, kamu harus membaca cara mencegah malware di hp Android dengan tips berikut :

  • Periksa ulasan aplikasi: Saat Anda menemukan aplikasi baru dan ingin mengunduhnya, pertama-tama perhatikan ulasan pengguna sebelumnya. Jika aplikasi belum memiliki ulasan, periksa info lebih lanjut aplikasi tersebut di internet sebelum Anda menginstalnya.
  • Periksa informasi pengembang: Anda juga harus memeriksa informasi pengembang untuk menghindari menginstal perangkat lunak berbahaya secara tidak sengaja.
  • Berhati-hatilah saat memberikan hak pengguna super: Jika perangkat Anda telah di-root, berhati-hatilah saat memberikan izin pengguna super ke aplikasi. Jika sayangnya itu adalah aplikasi berbahaya, semua informasi dan data Anda dapat dicuri dengan mudah.
  • Pindai perangkat secara teratur:Setelah Anda menginstal aplikasi anti-virus, biasakan untuk memindai seluruh perangkat Anda selama beberapa hari sekali atau seminggu sekali untuk memastikan semuanya aman.