Trending JeparaWindowsMasker WajahKeselamatan KerjaAplikasiMebel UkirPenulisanJenazahPromo JCO TebaruBetonBatikMotor

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Tekor

Air merupakan salah satu kebutuhan utama bagi semua makhluk hidup yang ada di dunia. Jadi tidak hanya manusia saja yang membutuhkan air, hewan dan tumbuhan juga butuh air agar tetap hidup. Lantas bagaimana kalau sumber air di rumahmu tidak mengeluarkan air? Tenang saja, kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara mengatasi air sumur bor tekor.

Memang di musim kemarau seperti saat ini masalah kekeringan sering melanda, sehingga sulit untuk mendapatkan sumber air bersih. Terlebih saat ini sering terjadi masalah pada sumur bor yang tidak bisa keluar airnya.

Tentu akan sangat sulit ketika tidak mendapatkan pasokan air bersih. Kebutuhan air memang sangat banyak mulai untuk dikonsumsi, mandi, masak, dan lainnya. Jadi seseorang pasti butuh air setiap hari.

Penyebab dan Cara Mengatasi Air Sumur Tekor

Air sumur bor tekor itu banyak sekali penyebabnya, sehingga kamu harus tahu apa saja yang menyebabkan air sumur tekor. Agar kamu tidak semakin panik, silahkan simak penjelasannya berikut ini :

  1. Air sumur tidak keluar air

Bagi kamu yang belum ngerti apa itu air sumur tekor, jadi kondisi dimana sumur bor di rumah kamu sudah tidak lagi mengeluarkan sumber air. Ada banyak hal yang menyebabkan sumur bor tidak mengeluarkan air. Faktor pertama yang membuat sumur di rumah tidak keluar air adalah sumber air sudah habis.

Air sumur bor ini biasanya memiliki kedalaman mulai dari 150 meter sampai 200 meter. Sebenarnya di jarak tersebut sumber air sangat melimpah sehingga jarang sampai kehabisan mata air. Namun kalau sumur bor kamu sudah berusia lebih dari 10 tahun, bisa saja kalau sumber airnya habis.

Apabila di rumah kamu sumur bornya mulai tidak mengeluarkan air maka solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memperdalam sumur bor. Jadi dengan memperdalam pengeboran maka diharapkan akan mendapatkan sumber air yang melimpah.

  1. Proses pemasangan pipa bor yang salah

Cara mengatasi air sumur bor tekor selanjutnya melakukan pemasangan pipa bor dengan benar. Jadi bagi para pemasang air sumur bor harus menghindari proses pemasangan pipa salah. Pemasangan pipa salah ketika kamu menggunakan jasa yang tidak profesional alias abal-abal.

Biasanya pemasangan yang dilakukan oleh jasa abal-abal itu tidak sesuai dengan standar. Hasilnya air tidak bisa keluar dengan lancar dan bahkan tidak keluar airnya. Pastikan kamu menggunakan layanan pembuat sumur bor yang profesional dan berkualitas.

  1. Pompa mati

Masalah air dari sumur bor tidak bisa keluar adalah tidak berfungsinya pompa air. Masalah yang sering terjadi adalah mesin air bisa menyala namun tidak bisa menyedot air di sumur bor. Nah, untuk mengatasi pompa mati kamu bisa mengganti dengan pompa yang baru. Pada saat pemasangan pompa yang baru, pastikan dipasang dengan benar agar air bisa mengalir secara maksimal.

Ketika air sumur sudah kembali normal maka kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan pasokan sumber air. Tidak hanya itu saja, pastikan sumber air yang keluar terjamin bersih dan higienis. Nah, untuk memastikan sumber air di rumahmu tetap jernih dan bersih bisa memasang filter air. Saat ini sudah banyak yang jual filter air sumur tabung untuk memastikan sumber air di sumur rumah selalu terjamin kualitasnya.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi air sumur bor tekor. Nah, dengan demikian sumber air dari sumur akan lancar kembali. Kemudian untuk memastikan kualitas air tetap bersih kamu bisa menggunakan filter air yang berkualitas.