Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

Berikut ini cara memperbaiki kipas angin mati total yang bisa anda lakukan sendiri dirumah. Simak selengkapnya berikut ini. Sebelum mulai perbaikan, pastikan kipas angin tidak terkoneksi arus listrik.  Ini dia langkah-langkah dan cara memperbaiki kipas angin mati total yang bisa dicoba :

Cara Perbaiki Kipas Angin Mati Total

  1. Periksa  kabel power, ada yang putuskah atau tidak. Jika putus sambung kembali atau ganti baru.
  2. Memeriksanya bisa gunakan Multimeter/AVO meter.
  3. Periksa panel tombol pengaturan kecepatan putaran kipas, gunakan Multimeter/AVO meter.  Cek juga
  4. koneksi setiap kabel yang terkoneksi dengan panel.
  5. Jika jarum bergerak ke kanan diartikan ada koneksi. Artinya kumparan kipas angin masih bagus. Jika jarum tidak gerak berarti ada yang rusak/putus di kumparan. Kemungkinan sekringnya putus.
  6. Jika pada kumparan dinamonya putus, segera bongkar dinamo kipas angin yang mati total dengan langkah dibawah ini.
  7. Ukur sekring/thermofuse biasanya ada di bagian dinamo tepatnya di tempelkan pada bodi dinamo.
  8. Cara menguji thermofuse memakai Multimeter/AVO meter. Yaitu mengatur posisi saklar pada x1 atau x10 langsung.  Letakan kedua probe di tiap tiap kaki thermofuse.
  9. Kalau jarum jam tak gerak, artinya thermofuse sudah rusak/putus. Jadi perlu ganti yang baru untuk perbaiki kipas angin mati total.
  10. Pada thermofuse baru, jarum bergerak ke kanan tandanya thermofuse masih berfungsi baik.
  11. Berikutnya, pasang thermofuse baru. Setelah itu, rapikan dan pasang kembali dinamo dengan mengunci baut-baut dengan ketat.
  12. Berikutnya periksa kapasitor, kapasitor yang sudah rusak lemah, rusak, bahkan mati. Ini membuat kipas angin lambat berputar bahkan mati total. Kapasitor letaknya di belakang dinamo kipas angin bentuknya kotak hitam. Kapasitor rusak biasanya bengkak menggelembung atau pecah. Ganti baru jika kapasitor kipas angin rusak.
  13. Setelah semua komponen kipas angin diperiksa dan jika penyebab kipas mati total karena thermofuse rusak, maka ganti yang baru seperti langkah diatas.

Sekarang tinggal tes. Colokan kipas angin ke listrik dan nyalakan. Biasanya dengan menerapkan cara memperbaiki kipas angin mati total ini, kipas angin bisa berputar lagi.