Trending JeparaWindowsMasker WajahKeselamatan KerjaAplikasiMebel UkirPenulisanJenazahPromo JCO TebaruBetonBatikMotor

Tahapan Atau Cara Membuat Filter Instagram, Dijamin Berhasil!

Tidak seperti dulu, instagram telah banyak berinovasi sehingga menjadi platform media sosial yang dapat digunakan untuk keperluan apapun, termasuk membuat berbagai video lucu dengan filter. Ada kalanya, anda merasa bosan dengan filter IG yang itu itu saja. Akan jauh lebih menyenangkan jika anda membuat filternya sendiri. Yuk simak cara membuat filter instagram bersama sama!

Cara Membuat Filter Story IG

  1. Mengunduh Aplikasi Spark AR Studio

Sejak tahun 2016 lalu, instagram telah memberikan keleluasaan kepada penggunanya untuk berkreasi membuat filter di instagram stories dengan menggunakan aplikasi yang bernama spark AR studio. Fitur tersebut sengaja diluncurkan, untuk membuat pemilik akun IG semakin betah. Siapa sangka jika fitur membuat filter ini semakin membuat IG terkenal.

Aplikasi Spark AR Studio ni tersedia dalam dua pilihan OS, yaitu Mac OS dan Windows. Download aplikasi tersebut dan istal sesuai dengan tahapan yang diminta. Selain itu, pastikan anda memilih versi yang sesuai dengan OS yang anda gunakan. Setelah terinstal, loginlah ke dalam aplikasi menggunakan akun facebook yang terhubung dengan akun IG.

  1. Siapkan Gambar Dan On kan Fitur Face Tracker

Langkah kedua yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan objek berupa gambar berekstensi PNG atau tanpa latar. Setelah itu, buka aplikasi Spark AR studio dan masuk ke menu create project. Jika sudah, pilih insert dan di situ, anda akan menemukan banyak sekali objek bari bernama face tracker0. Selanjutnya klik kanan pada objek baru tersebut dan klik opsi Add.

Setelah beres, anda perlu memilih face mesh untuk menambahkan model 3D, agar filter dapat terpasang di wajah penggunanya saat digunakan untuk membuat instastory. Aplikasi akan memproses ekspresi wajah yang dibaca oleh face tracker agar filter berfungsi dengan baik. Tidak heran jika filter yang berhasil dibuat dan tenar di IG memiliki kualitas yang baik.

  1. Add Ke Facemesh Dan Cari Opsi Material

Tahapan ketiga untuk membuat filter adalah memasukkan gambar PNG yang telah anda siapkan sebelumnya. Tambahkan gambar tersebut ke dalam facemesh dengan klik menu faceMash0. Setelah itu, klik menu inspector dan cari opsi material. Jika sudah, klik tanda tambah (+) yang ada di dekatnya. Secara otomatis, akan muncul asset bernama material0 di bawah scene.

  1. Klik Face Paint Dan Tekan Choose File

Prosedur membuat filter dilanjutkan dengan mengubah safe type di bagian inspector nya, menjadi Face Pain. Klik menu dropdown, dan tap tombol choose file yang ada di sebelah menu texture. Jika sudah, pilih gambar yang telah disisipkan. Jika tampilannya tidak seperti yang anda inginkan, maka anda dapat menggunakan file explore untuk mencari yang sesuai.

  1. Export Filter Yang Dibuat Ke Akun Instagram

Cara membuat filter instagram yang terakhir adalah mengexport ke instagram. Jika filter yang dibuat sudah sesuai dengan yang diinginkan, langsung saja klik menu send atau send to app. Selesaikan proses pengiriman dengan baik dan berhasil. Jika semuanya beres, anda akan mendapatkan notifikasi dari instagram yang isinya pemberitahuan terkait dengan filter baru.

Demikian rangkaian tahapan membuat filter yang harus anda ketahui. Filter tersebut pun dapat anda bagikan untuk para pengguna isntagram yang lain. Semakin unik filter yang anda buat, maka akan semakin banyak orang yang mengenal akun anda. Untuk tutorial lain terkait dengan media social instagram, bisa anda akses melalui halaman website Kang Sandi.