Trending JeparaWindowsMasker WajahKeselamatan KerjaAplikasiMebel UkirPenulisanJenazahPromo JCO TebaruBetonBatikMotor

Cara Membuat Email Domain Sendiri Tanpa Hosting

Membuat email sendiri mungkin sudah bukan lagi hal yang asing. Terlebih jika emailnya terkait dengan google mail. Pastinya siapa saja sudah mengetahui prosesnya. Tetapi, lain halnya dengan email untuk domain pribadi dan tidak pakai hosting.

Belum begitu tahu bagaimana cara membuatnya, artikel yang satu ini memang wajib banget untuk dibaca. Apa lagi buat kamu yang masih berada di tahap-tahap pemula dan ingin menemukan terobosan baru. Yuk! Langsung saja simak penjelasan lengkapnya.

Membuat Email Domain Sendiri Tidak Pakai Hosting

Penuhi Syarat-Syaratnya

Membuat email untuk sebuah bisnis memang sangat penting. Meski kamu tidak menjadikan domain sebagai bisnis yang utama, tetap saja membutuhkan email yang memadai. Mengapa? Tentu saja sangat direkomendasikan jika menggunakan email untuk dicampur adukan.

So, menggunakan email yang dicampur adukan untuk penggunaan segala bidang mungkin akan terkesan efisien. Akan tetapi dikhawatirkan akan menyusahkan proses email masuk, apalagi terkait dengan sebuah domain. Maka penuhi syarat berikut untuk membuatnya.

  1. Domain

Kalau masalah domain sih sudah jelas menjadi nomor pertama yang harus ada. Ketika kamu tidak punya domain, bagaimana bisa mengakses DNS manager? Oleh karenanya, agar hal ini teratasi maka harus memiliki domain terlebih dahulu.

Kehadiran domain terbilang sangat penting untuk bisa mengakses DNS managernya. Bukan hanya itu saja, sebab menjadi yang utama maka jelas saja harus ada. Kemudian jika misalnya belum punya, kamu bisa membelinya terlebih dahulu.

  1. Jaringan Internet

Syarat kedua yang harus ada kala akan membuat email domain sendiri tidak menggunakan hosting jelas tersedianya jaringan internet. Di sini kamu tidak diharuskan punya koneksi internet yang mahal dan kencang kok, asalkan stabil.

Pasti banyak yang menanyakan kenapa koneksi internetnya tidak perlu kencang asal stabil. Hal ini dikarenakan supaya saat penyambungan email nanti tidak terputus di tengah jalan. Kan saying kalau sampai putus di tengah jalan, harus ngulang dari awal.

  1. Akun di Website yang Bersangkutan

So, sudah menyiapkan dua hal di atas, sekarang apa yang akan kamu lengkapi selanjutnya? Tentu saja akun sebuah web yang akan kamu buat emailnya. Jadi, harus punya akunnya dulu supaya bisa membuatnya ya.

Proses Pembuatan Email

Jika sudah menyiapkan beberapa syarat di atas, kini waktunya kamu untuk melakukan beberapa cara berikut guna membuat email. Tenang saja, sebab caranya tidak banyak, yuk! Langsung simak bahasan di bawah ini.

  1. Lakukan Verifikasi Hosting

Langkah paling awal yang harus kamu lakukan untuk membuat email tanpa hosting adalah dengan melakukan verifikasi. Fungsinya tentu saja sebagai bukti kalau email yang dibuat benar-benar miliki kamu pribadi.

Lantas, seperti apa melakukan verifikasinya? Kamu bisa masuk ke bagian DNS Manager untuk memasukan kode yang sudah dikirimkan ke alamat email. Jika sudah benar, selamat kamu bisa lanjut ke proses berikutnya.

  1. Lakukan Pointing

Langkah berikutnya adalah dengan melakukan pointing. Pointing sangat diperlukan guna mencegah terjadinya hambatan saat kamu menggunakannya. Tidak sulit, di sini kamu hanya perlu memasukan beberapa record entah dari DKIM, dan lainnya.

  1. Lakukan Peraturan

Selanjutnya adalah dengan melakukan pengaturan terhadap alamat email. Tidak sulit, cara yang satu ini layaknya kamu melakukan pendaftaran alamat email biasa. Hanya saja harus melakukannya dengan teliti, ya agar prosesnya benar berhasil.

Itulah yang dapat kami sampaikan tentang cara membuat email domain sendiri tanpa hosting dengan mudah. Jika kamu ingin membuat email domain sendiri dengan mudah, kami sarankan kamu membeli terlebih dahulu Cloud Hosting Indonesia.