Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Cara Membuat Cetakan Lis Profil Beton Manual dengan Mudah

Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai cara membuat cetakan lis profil beton secara manual. Profil beton sendiri menjadi bagian tak terpisahkan dari proses pendesain suatu rumah.

Untuk diketahui, dalam pembuatan profil beton ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam tutorial ini. Simak selengkapnya berikut ini.

Cara membuat cetakan lis profil beton yang pertama, yaitu dengan membuatnya langsung pada slop atau di tempat.  Caranya tinggal membuatnya diatas papan atau meja lebih dulu, dengan teik menarik mall diatas meja yang rata.

Cara lainnya, adalah membuat membuat cetakan lis profil beron dengan cara menuangkan adukan semen ke cetakan. Biasanya untuk cetakan ini bisa menggunakan cetakan dari lis gypsum.

Nah berikutnya kita akan membahas cara membuat cetakan lis profil beton. Kali ini akan dibahas tentang cara membuat cetakan los profil beton secara manual menggunakan seng polos dengan mudah.  selengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Cetakan Lis Profil Beton

Cara Membuat Cetakan Lis Profil Beton  dengan selembar seng polos secara manual.

Cara membuat cetakan Lis profil beton manual dengan seng polos  ini tergolong mudah. Berikut ini bahan bahan yang harus anda sediakan :

  • Pensil atau spidol
  • Papan tipis atau multiplex
  • Gunting seng
  • Siku siku
  • Selembar kertas
  • Seng polos

Jika bahan bahan ini sudah tersedia, langkah selanjutnya tinggal memulai saja proses pembuatanya berikut ini.

1. Langkah Pertama Membuat Diagram Siku Siku

Pertama buatlah diagram siku siku di permukaan kertas. Caranya dengan mengikuti bentuk huruf L atau siku. Hal ini bertujuan untuk menentukan lebar dan tingginya profil yang nanti akan dicetak.

2. Langkah Kedua Membuat Profil atau Pola

Setelah membuat diagram siku, berikutnya membuat motif atau pola yang akan dicetak diatas kertas pada diagram yang sudah dibuat. Tentukan juga lebar dan tingginya profil.  Sebaiknya tak terlalu lebar. Sesuaikan saja lebar profil dengan tingginya profil.

Untuk contoh, anda bisa membuat tinggi profil 35 cm dan lebar pada bagian atas profil usahakan 5 cm.  Namun anda bisa mengubahnya sesuai kebutuhan saat melakukan proses pemasangan.

3. Langkah ketiga Menggunting Pola atau Motif

Setelah berhasil dan selesai membuat pola atau motif diatas kertas. Selanjutnya menggunting pola yang tadi sudah dibuat dengan mengikuti garis yang juga sudah dibuat.

Selanjutnya, gunting lagi kertas tadi lalu tempel di seng polos. Kemudian garisi mengikuti garis pola yang ada di kertas memakai pensil atau spidol.

Tahap berikutnya, menggunting pola yang sudah diduplikat pada atas seng. Dalam menggunting pola harus mengikuti motif yang sudah dibuat dipermukaan seng polos tadi. Caranya kurang lebih sama dengan saat mengguntinf motif diatas kertas.

4. Langkah Keempat Melakukan Proses Pengamplasan

Di tahap selanjutnya, haluskan dengan amplas no 120 pada masing masing sudut seng yang bentuknya sudah motif profil. Perlu diketahui agar hasil cetakan baik tidak lembek.

5. Langkah Kelima Membuat Bingkai

Anda perlu membuat bingkai memakai papan multipleks atau papan tipis pada kedua sisi cetakan seng. Lalu tempel seng di papan tadi memakai paku tripleks ( paku 1/2 in).

Nah itulah tadi cara membuat cetakan lis profil beton secara manual dengan selembar seng polos. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan mudah mengikuti tips pada artikel diatas.  Selain itu untuk membuat drainase atau sauran irigrasi Anda bisa membeli beton uditch, untuk Harga uditch nya bisa simak di artikel kami lainnya.