Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Prospek dan Cara Jualan Pulsa yang Menguntungkan

Jika anda iseng mencari informasi bisnis yang tidak ada matinya, jualan pulsa menjadi diantaranya. Apalagi di zaman digital seperti saat ini semuanya membutuhkan pulsa. Bahkan tak jarang tukar pulsa jadi uang juga dilakukan di zaman serba canggih ini. Bagi anda yang tertarik untuk menjual pulsa, berikut beberapa informasi dan cara jualan pulsa agar menguntungkan.

Prospek Bisnis Berjualan Pulsa

Bisa dikatakan jika prospek bisnis ini masih cerah sampai saat ini. Karena faktanya banyak yang memiliki ponsel lebih dari satu. Walaupun saat ini sudah banyak cara beli digital, beli pulsa secara konvensional masih diminati. Terutama jika anda masih berada di perkotaan kecil. Tentu saja masih banyak yang mengandalkan gerai atau warung pulsa terdekat.

Hal tersebut karena beli pulsa di warung dirasa lebih praktis. Tidak semua masyarakat juga paham bagaimana membeli secara online, terutama untuk kalangan dewasa mendekati paruh baya. Maka dari itu, jualan pulsa masih menjadi bisnis yang menggiurkan. Selain pulsa untuk smartphone, masyarakat juga banyak membutuhkan pulsa untuk token listrik.

Yang membuat jualan pulsa semakin menggiurkan, semua kalangan bisa memulai bisnis ini. Baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga dan juga karyawan bisa memulai bisnis ini. Anda hanya perlu untuk mengetahui beberapa hal dasar. Apalagi untuk memulai bisnis ini juga tak perlu menyiapkan modal yang besar.

Kelebihan Berjualan Pulsa

  1. Keuntungan yang Menggiurkan

Jika anda melihat secara sekilas, tentu banyak yang beranggapan jika untungnya tidak sedikit. Memang dalam sekali transaksi keuntungannya tidak akan lebih dari Rp 2 ribu. Tetapi jika dikalikan dengan jumlah transaksi setiap harinya tentu menggiurkan. Apalagi cara jualan pulsa tidaklah sulit dan hampir setiap orang membutuhkan pulsa saat ini.

Keuntungan juga bisa ditingkatkan dengan menjual banyak produk. Bukan hanya pulsa elektronik, tetapi pulsa untuk token atau pun voucher untuk game. Semakin banyak yang disediakan, maka akan banyak yang semakin tertarik untuk membeli di warung anda. Keuntungan yang awalnya kecil jika dikumpulkan tentu saja akan lebih banyak.

  1. Produk yang Dijual Produk Digital

Usaha pulsa elektrik tidak akan basi layaknya barang fisik. Produknya yang dalam bentuk digital memiliki masa aktif yang cukup panjang. Anda bisa memulai deposit dengan nominal yang tak terlalu besar. Deposit pulsa biasanya mulai dari Rp 50 ribu, dan smartphone yang digunakan untuk transaksi juga tidak harus yang bagus atau keluaran terbaru.

  1. Bisa Dijadikan Bisnis Sampingan

Bisnis jualan pulsa juga cocok untuk anda yang ingin mencari penghasilan tambahan. Tanpa perlu takut mengganggu pekerjaan utama anda. Anda bisa menjadikan bisnis ini sebagai cuan yang menggiurkan. Semua kalangan juga bisa memulainya, baik dari mahasiswa sampai ibu rumah tangga. Dan lagi saat ini sudah banyak agen pulsa yang bisa diajak kerjasama.

  1. Tidak Membutuhkan Modal Besar

Alasan yang membuat bisnis satu ini digandrungi adalah modalnya yang tidaklah besar. Jika bisnis lainnya anda perlu mencari lokasi yang strategis, bisnis ini bisa anda buka di rumah. Sehingga anda tak perlu memikirkan modal untuk menyewa tempat. Kalaupun anda memang ingin memiliki tempat jualan, tempatnya juga tak perlu terlalu besar.

Anda bisa sekalian memajang beberapa jualan lainnya. Modal yang dibutuhkan untuk deposit juga tidaklah banyak, sesuai dengan kebutuhan anda. Jika modalnya sudah ada, anda tinggal mencari distributor ataupun dealer pulsa. Atau juga bisa membeli di e commerce dengan akun anda, dimana biasanya akan ada cashback.

  1. Menjangkau semua Kalangan

Harga pulsa tidaklah mahal, mulai dari Rp 5 ribu saja. dengan begitu target pasar anda akan meliputi semua kalangan. Begitu juga dengan harga voucher maupun perdana yang tak terlalu mahal. Inilah yang menjadikan keberadaan warung pulsa masih dianggap penting oleh masyarakat. Pulsa sendiri juga menjadi kebutuhan primer yang harus dipenuhi.

Kelemahan dari Bisnis Pulsa

Sebelum anda mengetahui cara jualan pulsa, anda juga harus tahu jika bisnis pulsa juga memiliki kelemahan. Kelemahan yang pertama adalah adanya persaingan yang tinggi. Jika anda perhatikan, dalam satu kampung biasanya akan memiliki penjual pulsa lebih dari satu. Belum lagi saat ini banyak supermarket yang juga menjual pulsa.

Memulai usaha jualan pulsa juga begitu mudah, membuat banyak yang tertarik. Namun bukan berarti harus anda urungkan jualan pulsa. Karena kebutuhan masyarakat akan pulsa ini masih sangat tinggi. Anda juga bisa memperluas pasar, seperti menjual voucher game, kartu perdana, token listrik sampai dengan token untuk ojol dan aksesoris.

Tips Bisnis Pulsa Untuk Raih Omzet Tinggi

  1. Mencari Distributor Berkualitas

Agar anda bisa memulai untuk berjualan pulsa, tentu anda harus mencari distributor yang memiliki kualitas jempolan. Anda bisa melakukan survey kira kira distributor mana yang memiliki pelayanan yang baik. Pastikan jika distributor tersebut mampu untuk mengirim pulsa dalam waktu yang singkat serta jarang mengalami gangguan.

Bukan hanya masalah pelayanan saja, tetapi anda juga harus tahu seberapa banyak jenis pulsa yang ditawarkan. Apakah bisa mengirim pulsa reguler, paket dan token listrik? Jika memang tersedia lengkap tidak ada salahnya bagi anda untuk mempertimbangkannya. Hanya saja anda juga harus mengetahui bagaimana untuk komplain kepada distributor.

Ketika komplain apakah responnya baik dan solusinya juga tepat? Hal ini sangat perlu untuk masuk dalam pertimbangan anda. Mengingat kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Selain itu, anda juga bisa mempertimbangkan harga yang ditetapkan oleh distributor. Semakin ringan, maka keuntungan yang anda dapatkan makin banyak.

  1. Menetapkan Harga

Selain distributor, harga jual juga menjadi bagian dari awal sebelum membuka bisnis toko pulsa. Ada baiknya jika mengikuti harga yang berlaku di pasaran. Apabila anda memang ingin menjual lebih murah, ada baiknya untuk tak terlalu banyak selisih. Memang akan membuat anda banyak menarik pelanggan, tetapi hal ini akan merusak harga di pasaran.

Begitu sebaliknya jika ingin menjual harga yang lebih tinggi dari pasaran. Tetapi pastikan memberikan pelayanan yang begitu prima. Untuk menentukan harga jual anda harus mempertimbangkan harga dari distributor, biaya yang dibutuhkan dan harga pasar. Ada juga yang berpendapat lebih baik untung sedikit tetapi penjualannya tinggi, anda bisa menentukan sendiri.

Lagipula dalam bisnis pulsa, untung yang anda dapatkan akan lebih tinggi jika untuk transaksi kecil. Misalnya saja pulsa Rp 5000 anda mendapatkan keuntungan Rp 500. Dalam sehari anda bisa membuat transaksi hingga 100, jika dikalikan sebulan keuntungannya sekitar Rp 1.500.000. Inilah mengapa transaksi pulsa kecil lebih menguntungkan.

  1. Memilih Lokasi Yang Strategis

Apabila anda berencana untuk membuka warung, maka sebaiknya lokasinya strategis. Paling tidak bisa dijangkau dengan kendaraan. Paling mudah jika anda membukanya di pinggir jalan. Untuk mensiasati yang memiliki lokasi masuk dalam gang, anda bisa memasang banner ataupun petunjuk. Dengan begitu orang akan mengetahui dimana toko pulsa anda.

  1. Fokus Saja Pada Penjualan

Jual pulsa memang tidaklah sulit, setelah anda menemukan distributor anda sudah bisa jualan. Selain jualan dari distributor juga bisa memanfaatkan berbagai dompet digital atau lainnya menggunakan internet. Dan jika bisnis anda memang sudah berjalan, kini saatnya bagi anda untuk berfokus pada jualan saja.

Anda bisa menambah pelanggan dengan melakukan promosi, di media sosial misalnya. Atau juga bisa memberikan promo promo tertentu. Misalnya membeli pulsa 15 kali akan gratis satu kali. Promosi ini akan membantu agar toko pulsa anda dikenal oleh masyarakat. Disamping itu anda juga harus terus mengusahakan untuk memberi pelayanan terbaik.

Ketika anda sudah berkomitmen berjualan pulsa, rasanya akan sangat menyebalkan jika slow respon. Siapapun yang membeli pulsa memang butuh dan biasanya tidak ingin berlama lama. Maka ketika anda permintaan masuk, ada baiknya untuk langsung melakukan transaksi. Pelayanan yang ramah juga menjadi satu cara agar pelanggan kembali lagi.

  1. Hindari Kas Bon

Kendati kasbon adalah kebiasaan yang biasa, tetapi ada baiknya dalam bisnis ini anda menghindarinya. Sekali anda memberikan kesempatan untuk bon, maka akan banyak orang yang melakukan hal yang sama. Jika segera dikembalikan tentu tidak menjadi masalah. Tapi bagaimana jika dalam waktu lama? bisa bisa modal anda habis dan gulung tikar.

Hutang pembeli akan pulsa membuat anda akan kesulitan untuk memutar modal. Inilah yang menjadi cara jualan pulsa yang sering diabaikan. Dan yang perlu anda ingat, pastikan anda tak sampai kehabisan deposit. Memang tak harus stok barang, tetapi langkah ini tak akan membuat pelanggan kecewa. Pastikan untuk selalu cek saldo deposit anda berjangka.

  1. Menggunakan Lebih Satu Server

Anda tentu pernah mengalami pulsa tak kunjung masuk karena server gangguan. Menggunakan lebih satu server, anda akan lebih mudah apabila terjadi gangguan server. Bukan hanya itu hal ini juga akan membuat anda mudah mengontrol saldo. Tetapi anda harus teliti ketika melakukan transaksi, jangan sampai server tertukar.

Anda juga bisa mengandalkan transaksi dengan internet sebagai alternatif. Selain bersifat gratis, juga akan lebih cepat jika menggunakan internet. Menggunakan internet bisa menjadi cara untuk menaikkan keuntungan. Walaupun nantinya anda tetap harus mempertimbangkan biaya admin. Transaksi bisa dilakukan melalui WA, telegram sampai email.

  1. Perhatikan Pengelolaan Keuangan

Mengelola keuangan memang bukanlah cara untuk berjualan pulsa. Tetapi hal ini akan memberikan peran besar jika anda ingin sukses dalam bisnis ini. Setiap transaksi yang masuk dan keluar alangkah baiknya untuk dicatat. Selain untuk mengecek jumlah stok, anda juga bisa mengetahui besar modal, besar utang piutang sampai aktiva lancar dan tidak.

Walaupun dianggap rumit dan tidak praktis, tetapi memiliki pengelolaan keuangan yang baik akan memberikan banyak manfaat. Saat ini juga sudah ada banyak software gratis pembukuan yang bisa dimanfaatkan. Semua yang tercatat dengan rapi akan memudahkan anda di kemudian hari.

Berjualan pulsa memang masih menjadi bisnis yang banyak dijadikan pilihan. Apalagi saat ini pasarnya semakin luas, produk yang dijual belikan juga semakin banyak. Namun, pastikan jika dalam menjalankannya anda tidak mengijinkan adanya hutang. Sehingga bisnis anda bisa berjalan dengan baik dan memiliki keuntungan yang melimpah.