Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Cara Basuh Botol Susu Pertama Kali Secara Benar

Botol susu menjadi perlengkapan bayi yang mesti diperhatikan kebersihannya. Hal tersebut menjadi aspek yang penting, sebab botol hadir sebagai perlengkapan yang langsung masuk ke mulut si kecil. Kondisi ini akan berbahaya, ketika botol telah ditumbuhi kuman karena tidak sering dibersihkan. Sebagai seorang ibu yang rela melakukan apapun untuk anaknya, Anda pasti paham bahwa keadaan tersebut bukan kenyataan yang menyenangkan. Langkah yang paling sering dilakukan adalah melakukan proses basuh dan cuci botol susu secara benar dan tepat sebagai alternatif paling mudah menghindari masalah kesehatan pada si anak.

Konteks yang menarik dan mesti diperhatikan disini bukan hanya tentang penggunaan sabun cuci khusus bayi, tetapi terdapat aspek lain yang para ibu perlu diketahui agar semua perlengkapan yang digunakan si kecil aman serta sehat. Sedangkan untuk persoalan mensterilkan botol, para ibu sangat diperbolehkan menggunakan mesin khusus steril yang sudah banyak tersedia di pasaran. Kabar lain yang tidak kalah menyenangkan, proses steril ini berlangsung dalam waktu singkat, sehingga Anda tak perlu mencemaskan kehilangan banyak waktu hanya untuk membersihkan perlengkapan bayi.

Berikutnya, cara membasuh dan mencuci botol bayi terdiri dari beberapa pilihan. Para ibu hanya perlu memilih cara yang paling efektif untuk mempermudah sekaligus mempersingkat proses yang dibutuhkan. Jadi, para ibu tidak perlu mengkhawatirka kesehatan si kecil terancam hanya karena kesalahan memilih perlengkapan bayi.

Cara Mudah Membersihkan Botol Bayi

Penetlian kesehatan mengenai berbagai hal tentang kebersihan perlengkapan bayi sudah tidak perlu dipertanyakan. Aksesnya sangat luas, sehingga para ibu bisa mempelajari berbagai hal tentang pentingnya menjaga kesehatan bayi dari berbagai perlengkapan yang diberikan. Data ini dianggap relevan, pasalnya bayi belum mempunyai sistem imunitas sempurna, sehingga tidak mungkin ia mampu melawan kuman yang masuk ke tubuh seperti orang dewasa. Nah, cara untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan adalah memastikan semua perlengkapan bayi berada dalam keadaan bersih dan aman dipergunakan. Ketentuan serupa berlaku untuk kebersihan botol bayi dan apapun yang ibu berikan padanya. Berikut tahapan membersihkan botol secara tepat dan benar:

  1. Ibu mesti mempersiapkan semua perlengkapan mencuci botol. Mulai dari sikat khusus untuk botol serta dot, handuk lembut, baskom besar, sabun pencuci khusus untuk perlengkapan bayi, sampai dengan air hangat.
  2. Rendam semua bagian botol kedalam air panas sekitar 5 menit.
  3. Tidak lama setelah itu, angkat semua bagian untuk kemudian diangin-anginkan. Proses yang dibutuhkan sangat cepat, sehingga Anda bisa melakukannya dengan mudah.
  4. Letakan pada tempat kering yang sudah disediakan dengan dilapisi handuk.
  5. Terakhir, lakukan sterilisasi menggunakan alat yang sudah disediakan.

Sterilisasi Botol Bayi yang Wajib Dilakukan

Dari berbagai sumber yang ada, mesin steril yang digunakan untuk membunuh kuman pada perlengkapan bayi termasuk botol menjadi alat yang paling penting. Proses sterilisasi sendiri dilakukan sebagai cara paling mudah untuk mematikan semua kuman. Cara yang harus diperlukan memang terbilang kompleks, tapi Anda mesti paham bahwa setiap detailnya akan berubah menyenangkan ketika Anda lakukan dengan benar. Sebelum masuk ke tahap steril, botol bayi sebelumnya harus dicuci bersih menggunakan air hangat dan sabun khusus yang telah direkomendasikan para ahli. Sampai disini, para ibu bisa melihat bahwa sterilisasi botol bayi masuk sebagai tahapan terakhir dalam membersihkan botol.