Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Bunda Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Panas pada Bayi

Buah hati yang tiba-tiba panas pasti akan membuat Anda langsung panik. Tidak ada salahnya Anda waspada dengan hal tersebut, karena memang banyak penyebabnya. Namun, tahukah bahwa demam ini adalah kondisi alami yang akan dilakukan oleh tubuh untuk melawan infeksi. Selain itu, juga menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh yang dimilikinya dapat bekerja dengan baik untuk melawan infeksi.

Cara Mengatasi Panas pada Bayi

Berbagai penyebab suhu tubuh bayi mengalami panas adalah karena pertumbuhannya. Misalnya karena tumbuh gigi. Namun begitu, mungkin juga karena terserang virus ataupun hal lainnya. Untuk menangani kondisi tersebut, Anda dapat mencoba melakukan hal berikut agar suhu bayi dapat segera turun.

  1. Cukupi Cairan Tubuh

Saat kondisi suhu tubuh yang tinggi, akan mudah mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memastikan bahwa kecukupan cairannya terpenuhi. Jika bayi Anda masih meminum ASI (Air Susu Ibu) sebaiknya berikan frekuensi yang lebih banyak. Cairan yang tercukupi pada tubuh bayi juga dapat membantu mengurangi demamnya.

  1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat akan membuat tubuh bayi menjadi lebih nyaman. Selain itu, peredaran darah juga semakin lancar. Selain itu, dengan memandikan bayi dengan air hangat juga terbukti mampu menurunkan suhu tubuhnya. Pastikan, bahwa air yang digunakan benar-benar hangat dan tidak terlalu panas atau dingin sehingga nyaman saat digunakan.