Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

Mengenal Lebih Dekat Konsep dari Apa Itu Panel Surya Secara Jelas

Belakangan panel surya menjadi salah satu alat yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia sebab memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari bisa lebih hemat energi, harga yang ditawarkan terjangkau, ramah lingkungan dan masih banyak yang lainnya. Namun apakah anda sudah paham benar terkait alat ini? jika belum berikut penjelasan secara lengkap apa itu panel surya.

Mengulik Tentang Panel Surya

Panel surya merupakan salah satu alat canggih yang kini di kembangkan agar dapat digunakan sebagai pembangkit listrik dengan cara yang aman, hemat energi dan juga sangat bersahabat di lingkungan sekitar anda. Teknologi canggih ini dapat anda temukan di berbagai tempat. Salah satunya di jalan raya. Di Indonesia sendiri alat ini sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Teknologi penghantar listrik diatas juga memiliki berbagai jenis yang wajib anda tahu yaitu mulai dari sistem on grid, kemudian ada sistem off grid, dan yang terakhir yaitu adanya sistem hybrid. Kesemua sistem tersebut memiliki banyak manfaat yang sangat berguna untuk masyarakat. Dengan begitu banyak alasan yang yang membuat anda harus memakai alat ini untuk kegiatan sehari-hari.

Fakta yang Harus Anda Ketahui Terkait Panel Surya

  1. Energi Matahari yang Digunakan Geratis dan Terbarukan

Sesudah biaya awal panel surya dikeluarkan, maka anda tidak perlu lagi repot-repot untuk merogoh kocek untuk keperluan lainnya. Selain itu, dengan anda menggunakan alat alat ini juga bakal mengurangi jejak karbon, sebab pantulan dari cahaya matahari ini benar-benar aman dan terbarukan.

  1. Terbuat dari Bahan Semikonduktor

Panel surya tersusun dari sel fotovoltaik yang terbuat dari bahan silikon, dengan begitu akan mengubah sinar matahari menjadi listrik. Pada saat cahaya mengenai sel tersebut, maka elektron yang sudah dipisahkan atomnya bakal mengalir melalui sel dan akan menghasilkan listrik.

Pada masa sekarang, panel surya yang dimanfaatkan untuk peralatan rumah tangga bisa mengubah sekitar 20 persen sinar matahari menjadi arus listrik. Sedangkan untuk beberapa sistem yang lain bisa mencapai 40 persen dari apa yang disebut dengan efisiensi surya. Jadi bagaimana tertarik menggunakan panel surya?

  1. Harga yang Ditawarkan Sebanding

Mungkin bagi sebagian orang berpendapat jika biaya pemasangan panel surya ini cenderung mahal, namun sebenarnya jika dihitung lagi bisa dikatakan terjangkau. Sebab dengan memakai solar cell ini anda benar-benar bisa lebih hemat untuk beberapa tahun kedepan. Model yang dikeluarkan untuk membeli solar panel sebanding dengan kehematan listrik yang diperoleh.

  1. Pemeliharaan

Jika setelah dipasang, panel surya ini hampir tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Anda hanya perlu untuk memastikan bahwa panel surya tersebut bersih, tidak tertindih dengan dan atau hal lainnya. Biasanya untuk pemasangan di atap yang miring dan terkena air hujan saja yang akan membutuhkan sedikit perawatan, seperti harus di lap dengan bahan halus.

  1. Panel Surya ini Tidak Membutuhkan Sinar Matahari Secara Langsung

Mungkin banyak yang bingung apa itu panel surya dan apakah hanya berfungsi jika terkena paparan matahari secara langsung, namun jangan salah ternyata alat canggih ini juga bisa digunakan walaupun lagi mendung dan dingin. Untuk siang hari energi bakal disimpan pada baterai lewat penyimpanan didalam aki untuk panel surya. Jika sudah masuk waktu malam, maka energi tersebut digunakan untuk penerangan dan kebutuhan lainnya.

Kesimpulannya bahwa panel surya adalah salah satu alat canggih yang saat ini mulai di kembangkan supaya bisa digunakan sebagi pembangkit listrik dengan cara yang aman, hemat energi dan juga sangat bersahabat di lingkungan sekitar. Dengan harga yang ditawarkan juga sebanding dengan kualitas dan manfaat yang akan anda dapatkan salah satunya bisa menghemat energi.