Trending JeparaWindowsMasker WajahKeselamatan KerjaAplikasiMebel UkirPenulisanJenazahPromo JCO TebaruBetonBatikMotor

5 Minuman untuk Melancarkan BAB yang Terbukti Ampuh

Sulit BAB (Buang Air Besar) atau sembelit tentu akan sangat mengganggu bagi penderitanya, terutama dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Frekuensi BAB yang berkurang dapat menyebabkan perut jadi terasa tidak nyaman bahkan terasa sakit. Maka dari itu, artikel ini akan merekomendasikan minuman untuk melancarkan BAB.

Teh Jahe

Minuman yang satu ini dipercaya dapat melancarkan BAB bagi orang-orang penderita sembelit. Kandungan gingerol dan shogaol dalam teh jahe berkhasiat dalam mengatasi peradangan pada sistem pencernaan, terutama usus besar.

Untuk merasakan khasiatnya, Anda cukup mengonsumsinya sebanyak 1 hingga 2 cangkir teh jahe dalam sehari setelah makan. Tak hanya gejala sembelit, teh jahe juga terbukti ampuh untuk mengatasi masalah sistem pencernaan lainnya seperti kembung, mual, dan lain-lain.

Jus Apel

Rekomendasi minuman untuk melancarkan BAB selanjutnya adalah jus apel yang kaya akan kandungan pektinnya. Selain itu, jus apel juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat bagus dikonsumsi saat Anda tengah mengalami gejala sembelit atau susah BAB.

Kandungan sorbitol pada apel pun juga terbukti ampuh dalam melancarkan sistem pencernaan, terutama pergerakan kotoran di dalam usus.

Peppermint Tea

Selama ribuan tahun silam, masyarakat telah meyakini teh herbal sebagai obat untuk meredakan berbagai masalah pada saluran pencernaan. Salah satu jenis teh yang paling sering digunakan adalah teh peppermint. Kandungan menthol pada tanaman ini, terbukti ampuh dalam meredakan sakit perut saat susah BAB.

Dengan rasa yang menyegarkan, minuman ini juga recommended untuk mengatasi masalah sistem pencernaan yang lain seperti radang usus besar, kembung, maag, dan sebagainya.

Teh Dandelion

Di balik keindahan bunga dandelion, ternyata juga menyimpang banyak manfaat bila dikonsumsi oleh tubuh, tak terkecuali untuk sistem pencernaan manusia. Senyawa yang terkandung dalam ekstrak bunga dandelion dapat dicampurkan ke dalam teh untuk memicu kontraksi otot pada saluran pencernaan.

Hal ini dapat membantu saluran pencernaan supaya aliran makanan dari lambung menuju usus menjadi lebih lancar. Bukan cuma itu, sifat diuretik dalam teh dandelion juga membantu meningkatkan kadar air dalam feses dan sistem pencernaan.