Trending JeparaUniversitasArtikelWisataSkincareIslamBisnisSMSBayiMinumanGamePesantren

4 Prasasti Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Tertua

Sriwijaya merupakan sebuah kerajaan yang pernah ada di Indonesia. Kerajaan ini banyak meninggalkan berbagai macam peninggalan prasastinya di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa bukti peninggalan prasasti dari masa kerajaan Sriwijaya, yaitu :

  1. Prasasti Kedukan Bukit

Prasasti Kedukan Bukit berada di dekat Palembang. Prasasti ini sudah berumur 605 saka atau kurang lebih 683 masehi. Prasasti ini menceritakan sebuah perjalanan suci yang dilakukan oleh Dapunta Hyang pada saat itu menggunakan perahu. Dia mengawali perjalanannya dari Minang tamwan bersama 20 ribu bala tentara. Kemudian dia juga berhasil menakhlukan beberapa daerah sehingga membuat sriwijaya menjadi sebuah kerajaan yang makmur pada masa itu.

  1. Prasasti Talang Tuo

Prasasti Talang Tuo merupakan sebuah prasati yang berada di dekat Palembang. Prasasti iniĀ  berisi mengenai proses pembuatan taman riksetra atas perintah dari Dapunta Hyang yang bertujuan untuk menjaga kemakmuran semua makhluk.

  1. Prasasti Kota Kapur

Prasasti kota kapur menjadi salah satu prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya yang sangat terkenal. Prasasti ini berada di pulau Bangka. Dalam prasasti ini menceritakan mengenai ekspedisi sriwijaya ketika menuju ke Pulau Jawa. Kedatangannya bertujuan untuk memperluas wilayah kekuasaan dan menundukkan kerajaan yang ada di sekitarnya.

  1. Prasasti Telaga Batu

Prasasti Telaga Batu berisi mengenai berbagai kutukan yang seram terhadap siapa saja yang melakukan sebuah tindakan kejahatan serta yang tidak taat kepada raja. Ini menjadi satu-satunya prasasti yang tidak berangka.